George W Bush Sebut Solusi Dua Negara Sulit Terwujud

Kamis, 20 Mei 2021 - 03:38 WIB
loading...
George W Bush Sebut Solusi Dua Negara Sulit Terwujud
Mantan Presiden AS George W. Bush menyebut solusi dua negara untuk mengatasi konflik Palestina-Israel sulit terwujud. Foto/dallasnews
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil jangka panjang yang damai dan langgeng dalam konflik Palestina-Israel . Namun, pendapat berbeda diungkapkan oleh mantan Presiden George W. Bush.

Kepada Fox News, Bush mengatakan bahwa perbaikan akan menjadi tantangan dalam koflik Palestina-Israel. Ia bahkan memperingatkan bahwa solusi dua negara akan sangat sulit dalam tahap ini.

"Saya pikir ini sangat sulit pada tahap ini," kata Bush.

"Saya berharap, jelas, kita semua harus berharap tidak ada kekerasan, tetapi apa yang saya pikir Anda lihat bermain adalah pengaruh Iran yang ditargetkan ke Israel, dan mencoba untuk memutuskan aliansi yang dibentuk di pemerintahan sebelumnya yang disebut Abraham Accords," imbuhnya seperti dikutip dari Fox News, Kamis (20/5/2021).



Bush merujuk pada apa yang disebut pemerintahan Trump sebagai perjanjian perdamaian bersejarah antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) yang menormalisasi hubungan dan menciptakan perjanjian bilateral mengenai investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan, telekomunikasi, teknologi, energi, perawatan kesehatan, budaya, lingkungan, pembentukan kedutaan timbal balik, dan bidang lain yang saling menguntungkan. Pada saat itu, Israel dan UEA juga mengatakan mereka akan melanjutkan upaya mereka untuk mencapai resolusi yang adil, komprehensif dan abadi untuk konflik Palestina-Israel.

"Setelah aksi duduk selesai, dan jika Persetujuan Abraham itu bertahan, itu akan membuat lebih mudah untuk membangun perdamaian," ujar Bush.

"Tapi saat ini, mereka yang tidak menginginkan perdamaian memprovokasi dan menyerang Israel, dan Israel, tentu saja, merespons untuk alasan keamanan nasional," ia menambahkan.

"Jadi, itu akan memakan waktu cukup lama," kata Bush tentang merundingkan solusi dua negara, mengingat usahanya di bawah pemerintahannya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2797 seconds (0.1#10.140)
pixels