Putin Nilai Kerjasama RI-Rusia Miliki Banyak Potensi untuk Dikembangkan

loading...
Putin Nilai Kerjasama RI-Rusia Miliki Banyak Potensi untuk Dikembangkan
Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares mengatakan, Presiden Rusia, Vladimir Putin menilai kerjasama Jakarta dan Moskow memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Foto/KBRI Moskow
MOSKOW - Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares mengatakan, Presiden Rusia , Vladimir Putin menilai kerjasama Jakarta dan Moskow memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Jose dan Putin bertemu saat acara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan adalah tanda resmi dimulainya tugas seorang Duta Besar di negara yang bersangkutan. Baca juga: Cadangan Minyak Rusia Habis 59 Tahun Lagi, Bagaimana dengan RI?

Seremoni penyerahan Surat-Surat Kepercayaan berlangsung diAlexander Hall, Istana Agung Kremlin. Dalam sambutannya Putin mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Duta Besar yang hadir.

“Para Duta Besar mengemban tugas yang sangat mulia dari negara masing-masing untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang yang saling menguntungkan dengan Rusia,” ungkap Putin.



Putin menyampaikan bahwa pada prinsipnya Rusia ingin mengembangkan kemitraan terbuka di berbagai bidang dengan berdasarkan prinsip kesetaraan, penghormatan atas kepentingan nasional dan prinsip non-intervensi dalam politik dalam negeri. Pemerintah Rusia juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang bebas dan adil, tanpa adanya sanksi yang bermotivasi politik.

Secara khusus, Putin juga menyampaikan kesiapan Rusia untuk bekerja sama dengan negara-negara dan mitra global dalam memerangi pandemi Covid-19 yang telah menjadi ujian nyata bagi nilai-nilai kemanusiaan seperti solidaritas, gotong royong, dan humanisme.

“Kami siap berbagi pengalaman dan membantu negara lain untuk mengatasi dampak ekonomi dan sosial jangka panjang dari pandemi, termasuk menyiapkan produksi vaksin Covid-19 dan obat-obatan yang telah dikembangkan di Rusia," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan hubungan Rusia dan Indonesia, Jose menuturkan bahwa Putin menyampaikan bahwa Jakarta dan Moskow memiliki hubungan persahabatan yang sangat baik dan telah berjalan lama. Baca juga: Rusia Buat Kapal Perang Siluman Berteknologi Tinggi dengan Cat Khusus

Putin menyampaikan bahwa terdapat potensi yang sangat besar untuk melaksanakan kerja sama Rusia dengan Indonesia di bidang pembangkit listrik tenaga nuklir dan air, bidang transportasi, bidang infrastruktur pedesaan, termasuk pesawat terbang dan galangan kapal.

“Presiden Putin juga menggarisbawahi pentingnya Rusia-Indonesia untuk mengkoordinasikan posisi masing-masing negara pada isu global dan regional termasuk dalam kerja sama dalam kerangka Kawasan Asia Pasifik, dan dalam kerangka ASEAN-Rusia," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Indonesia di Moskow yang diterima Sindonews pada Rabu (19/4/2021).



Selain Indonesia, Duta Besar dari Afghanistan, Afrika Selatan, Argentina, Belanda, Bolivia, Bosnia-Herzegovina, Chad, Chile, Dominika, Guinea-Bissau, Kenya, Kyrgyzstan, Laos, Mauritius, Moldova, Polandia, Qatar, Rumania, Swiss, Thailand dan Yordania juga menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Putin.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top