China Sesalkan Langkah AS Blokir Pernyataan DK PBB Soal Serangan Israel

Senin, 17 Mei 2021 - 14:28 WIB
loading...
China Sesalkan Langkah AS Blokir Pernyataan DK PBB Soal Serangan Israel
China menyuarakan penyesalan bahwa Amerika Serikat (AS) memblokir pernyataan Dewan Keamanan (DK) PBB tentang kekerasan Israel-Palestina. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China menyuarakan penyesalan bahwa Amerika Serikat (AS) memblokir pernyataan Dewan Keamanan (DK) PBB tentang kekerasan Israel-Palestina. Beijing kemudian mendesak upaya internasional yang lebih besar untuk menghentikan pertumpahan darah.

“Sayangnya, hanya karena halangan satu negara, DK PBB belum dapat berbicara dengan satu suara,” Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

“Kami meminta AS untuk memikul tanggung jawabnya," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (17/5/2021).

Wang mendesak gencatan senjata segera dan menyerukan DK PBB untuk mengambil "tindakan tegas," termasuk mengulangi dukungan untuk solusi dua negara.

Dia mengatakan bahwa China, yang terus berusaha memperluas perannya di dunia, akan menyambut baik menjadi tuan rumah pembicaraan antara perwakilan Israel dan Palestina.

Seperti diketahui, AS, sekutu utama Israel, menunda sesi DK PBB dari minggu lalu dan menunjukkan sedikit antusiasme untuk sebuah pernyataan bersama mengenai hal ini.

PresidenAS, Joe Biden sendiri telah mengatakan pihaknya bekerja di belakang layar dan pernyataan DK dapat menjadi bumerang. China Terus Masuk Indonesia, DPR: Mengapa Pekerjaan yang Tersedia Tidak Diprioritaskan bagi WNI?

Dalam sambutan publiknya, Biden dengan tegas mengatakan bahwa Israel dibenarkan dalam membela diri dalam menanggapi tembakan roket oleh Hamas, bahkan sambil mendesak de-eskalasi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)