RI Tegaskan Persatuan OKI Krusial untuk Bantu Palestina

Minggu, 16 Mei 2021 - 20:05 WIB
loading...
RI Tegaskan Persatuan OKI Krusial untuk Bantu Palestina
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyatakan, persatuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah hal krusial untuk bisa membantu Palestina. Foto/Menlu RI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyatakan, persatuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah hal krusial untuk bisa membantu Palestina. Hal itu disampaikan Retno dalam Pertemuan Luar Biasa OKI soal Palestina.

Retno menuturkan, dalam pertemuan tersebut, dia sebagai perwakilan Indonesia, menyampaikan atau mengusulkan beberapa langkah kunci yang harus dilakukan oleh OKI. Baca juga: Organisasi Buruh Dunia Kutuk Serangan Brutal Israel ke Palestina

"Langkah kunci pertama adalah memastikan adanya persatuan. Persatuan di antara negara anggota OKI, persatuan di antara semua pemangku kepentingan di Palestina," ucap Retno pada Minggu (16/5/2021).

"Tanpa persatuan, OKI tidak akan mampu menjadi penggerak bagi dukungan internasional untuk Palestina. Di saat yang sama, bangsa Palestina hanya bisa mencapai cita-citanya untuk merdeka apabila mereka bersatu," sambungnya.

Langkah kunci kedua, ucapnya, OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata segera. Baca juga: PKS Dorong RI Beri Bantuan Langsung ke Palestina, Kalau Rakyat Takut Dicap Teroris

Dia menyerukan agar masing-masing negara OKI menggunakan pengaruhnya masing-masing, menggunakan pengaruh yang mereka miliki untuk mendorong gencatan senjata secepatnya dan semua tindakan kekerasan harus segera dihentikan.

"Langkah kunci ketiga adalah agar OKI tetap fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina. Dalam kaitan ini, OKI harus lebih keras berupaya untuk mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel, yang berpedoman pada parameter-parameter yang telah disetujui secara internasional, dengan tujuan mencapai perdamaian yang lestari berdasarkan prinsip solusi dua negara." ujarnya.

Diplomat senior Indonesia itu kemudian menambahkan bahwa dalam pertemuan itu dia menyampaikan bahwa perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina masih jauh dari selesai.

"Persatuan negara OKI, saya tekankan lagi, harus terus kita jaga untuk mendukung perjuangan Palestina. Keadilan harus tercipta bagi rakyat Palestina dan saya tekankan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina," tukasnya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1511 seconds (10.177#12.26)