Bom Meledak di Masjid Kabul Saat Salat Jumat, 12 Tewas

Jum'at, 14 Mei 2021 - 22:30 WIB
loading...
Bom Meledak di Masjid Kabul Saat Salat Jumat, 12 Tewas
Sebuah bom meledak di masjid Kabul saat salat Jumat, 12 jamaah tewas. Foto/newswwc.com
A A A
KABUL - Sebuah bom meledak di dalam masjid di pinggiran Ibu Kota Afghanistan , Kabul, saat salat Jumat . Setidaknya 12 orang tewas dalam insiden yang terjadi di tengah gencatan senjata selama Idul Fitri.

Kelompok pemberontak Taliban , yang mengumumkan gencatan senjata selama tiga hari untuk libur Idul Fitri itu, mengutuk serangan tersebut dalam sebuah pernyataan. Hingga kini tidak ada klaim pihak yang bertanggung jawab langsung.

Juru bicara kepolisian Kabul, Ferdous Faramarz mengatakan, Imam masjid termasuk di antara 12 orang yang tewas dan sedikitnya 15 orang terluka dalam ledakan di sebuah masjid di distrik ibu kota Shakar Dara.

Ledakan itu terjadi kurang dari seminggu setelah ledakan di sebuah sekolah yang menewaskan 80 orang, kebanyakan dari mereka adalah siswi dari etnis minoritas Muslim Syiah Hazara. Taliban juga mengecam serangan itu dan tidak ada yang mengaku bertanggung jawab.



Pejabat Amerika Serikat (AS) percaya serangan terhadap sekolah tersebut mungkin merupakan ulah kelompok militan saingan seperti ISIS. Kelompok-kelompok semacam itu belum menandatangani gencatan senjata.

"Serangan hari ini terhadap sebuah masjid di distrik Shakar Dara di Kabul selama sholat Jumat sepenuhnya menentang gagasan Idul Fitri sebagai hari libur keluarga yang dirayakan dengan damai," kata misi Uni Eropa di Afghanistan di Twitter yang dinukil Reuters, Jumat (14/5/2021).

Kekerasan, termasuk serangan terhadap warga sipil, telah meningkat di Afghanistan, bahkan ketika AS telah memulai operasi untuk menarik semua pasukannya yang tersisa selama empat bulan ke depan.

Sejauh ini belum ada laporan tentang pertempuran langsung antara pasukan pemerintah dan Taliban selama gencatan senjata, yang dimulai pada Kamis bertepatan dengan akhir bulan puasa Ramadhan. Namun, pemboman di pinggir jalan terus berlanjut, dengan sedikitnya 11 warga sipil dilaporkan tewas dan 13 luka-luka dalam empat pemboman pada hari Kamis kemarin.



Pemerintah dan Taliban telah mengadakan pembicaraan politik untuk mencoba mengakhiri konflik mereka ketika Washington menarik tentaranya 20 tahun setelah pemboman AS memaksa Taliban lengser dari kekuasaan. Kedua belah pihak dalam pembicaraan itu menuduh pihak lain memprovokasi dan gagal menghentikan serangan terhadap warga sipil.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)