Kerepotan Dihujani Roket Gaza, Kota di Israel Malah Perang Saudara

Rabu, 12 Mei 2021 - 08:30 WIB
loading...
Kerepotan Dihujani Roket Gaza, Kota di Israel Malah Perang Saudara
Mobil-mobil dibakar dalam kerusuhan dan kekerasan di Lod, Israel, yang digambarkan wali kota setempat sebagai perang saudara, Selasa (11/5/2021). Foto/Screenshot video Times of Israel
A A A
LOD - Ketika Israel dihujani ratusan roket dan rudal militan Gaza, kota Lod di negara Yahudi itu justru dilanda kekerasan. Wali kota setempat menyebut skala kekerasan tersebut sebagai perang saudara dan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengumumkan keadaan darurat di kota tersebut.

Netanyahu bahkan terpaksa menarik pasukan dari Tepi Barat untuk memulihkan ketertiban di kota Lod.



"Ini Kristallnacht di Lod," kata Wali Kota Lod Yair Revivo kepada Times of Israel pada Selasa (11/5/2021) malam. Kristallnacht adalah istilah yang mengacu pada pogrom terkenal pada tahun 1938 melawan orang Yahudi di Jerman saat dikendalikan Nazi.

"Tidak ada yang seperti ini dalam sejarah Israel," katanya lagi.

Lod adalah kota bersejarah sekitar 15 kilometer barat daya Tel Aviv. Sekitar sepertiga populasinya terdiri dari orang Arab Israel.

Pada hari Selasa, ketika Hamas dan kelompok Jihad Islam Palestina menembakkan roket dan rudal ke Israel dari Gaza dan militer Israel mengebom jalur itu, Lod malah dilanda kerusuhan dan kekerasan.

"Setiap menit, sebuah mobil atau sinagoga atau sekolah terbakar...Balai kota baru kami didobrak dan dibakar," kata Revivo.

"Sinagoga sedang dibakar. Ratusan mobil dibakar. Ratusan preman Arab berkeliaran di jalan...Perang saudara telah meletus di Lod."

"Semua pekerjaan yang telah kami lakukan di sini selama bertahun-tahun [hidup berdampingan] sia-sia," kesal wali kota tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)