Pasukan Filipina Usir Pemberontak Bersenjata dari Pasar

Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:12 WIB
loading...
Pasukan Filipina Usir Pemberontak Bersenjata dari Pasar
Pasukan Filipina usir pemberontak bersenjata dari pasar umum. Foto/Ilustrasi
A A A
COTABATO - Lusinan militan Muslim menduduki pasar umum semalam di Filipina selatan sebelum melarikan diri setelah terlibat ketegangan dengan pasukan pemerintah.

Juru bicara militer Letkol John Paul Baldomar mengatakan Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro tidak menyandera atau melakukan perlawanan ketika pasukan militer dan polisi mengambil posisi pada Sabtu (8/5/2021) fajar di dekat pasar umum di kota pertanian Datu Paglas.

"Mereka pergi ke pasar dan mencuri makanan tetapi terjebak di dalam ketika mereka melihat pasukan kami telah mengambil posisi untuk memastikan bangunan lain tidak dapat terancam," katanya kepada wartawan seperti dikutip dari Washington Post.

Tidak ada laporan langsung tentang korban cedera atau tewas.



Kelompok pemberontak itu memisahkan diri dari Front Pembebasan Islam Moro, kelompok pemberontak Muslim terbesar di selatan, setelah mereka mengadakan pembicaraan damai dan kemudian menandatangani kesepakatan otonomi Muslim dengan pemerintah pada tahun 2014. Gerilyawan yang memisahkan diri terus melakukan serangan sporadis dan pemboman, dengan beberapa menyelaraskan diri mereka dengan kelompok Negara Islam (ISIS).

Baldomar mengatakan pasukan pemerintah mengunci pusat kota, tempat pasar umum berada, dan menutup jalan raya di puncak pendudukan pemberontak selama berjam-jam di pasar itu. Setelah orang-orang bersenjata itu melarikan diri setelah pembicaraan dengan pejabat lokal, tentara menemukan setidaknya empat bom rakitan yang ditempatkan oleh pemberontak di sepanjang jalan raya.

"Pasukan mengejar orang-orang bersenjata itu," katanya.

Baldomar mengatakan beberapa pria bersenjata menembaki pengendara sipil, yang terjebak di sepanjang jalan raya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)