Polisi Turki Usir Para Pengikut Alparslan Kuytul dari Tiga Masjid

loading...
Polisi Turki Usir Para Pengikut Alparslan Kuytul dari Tiga Masjid
Polisi Turki memeriksa turis Rusia di lapangan Ortakoy, Istanbul, Turki. Foto/REUTERS
ANKARA - Otoritas Turki secara paksa mengusir para pengikut tokoh Islam Alparslan Kuytul dari tiga masjid di Turki selatan.

Polisi menyatakan pertemuan doa mereka adalah provokasi melawan pembatasan lockdown COVID-19.

Rekaman menunjukkan polisi bentrok dengan sekelompok orang di satu masjid di provinsi Gaziantep pada Minggu dan secara paksa membawa mereka keluar, sementara beberapa orang berteriak, "Kami sedang membaca Alquran."

Baca juga: Militer Rusia di Armenia Perkuat Daerah Dekat Perbatasan Azerbaijan

Seorang petugas polisi terlihat menggunakan semprotan merica.



Baca juga: Polisi Israel Lecehkan Umat Kristen Palestina di Dekat Gereja Makam Suci

Turki telah memberlakukan lockdown penuh hingga pertengahan Mei untuk mencoba memangkas tingkat infeksi COVID-19 yang telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Gereja di Barcelona Jadi Lokasi Ibadah Umat Muslim Selama Ramadan

Sholat di masjid tidak dilarang berdasarkan kebijakan tersebut, tetapi pihak berwenang di Gaziantep mengatakan kelompok itu berusaha berada di masjid selama hari-hari terakhir Ramadhan tanpa izin sebelumnya.

Kantor gubernur Gaziantep mengatakan pada Senin bahwa 76 orang yang memasuki tiga masjid tersebut terkait penyelidikan terorisme sebelumnya terhadap mereka.



Dikatakan polisi telah menahan mereka setelah mereka terlibat dalam pembangkangan sipil dan mulai bersumpah.

Polisi menambahkan proses peradilan diluncurkan karena orang-orang itu mengancam dan menghina dan karena melanggar lockdown.

“Orang-orang yang melakukan provokasi ini adalah pengikut (pemimpin agama) Alparslan Kuytul yang telah berkali-kali diselidiki sebelumnya atas tuduhan terorisme dan tujuan mereka bukan untuk beribadah tetapi pembangkangan sipil,” papar pernyataan kantor gubernur.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top