Militer Rusia di Armenia Perkuat Daerah Dekat Perbatasan Azerbaijan

Selasa, 04 Mei 2021 - 00:01 WIB
loading...
Militer Rusia di Armenia Perkuat Daerah Dekat Perbatasan Azerbaijan
Tentara Rusia berpatroli di wilayah Armenia. Foto/REUTERS
A A A
YEREVAN - Militer Rusia mendirikan dua fasilitas militer baru di selatan Armenia dekat perbatasan Azerbaijan sebagai "jaminan keamanan tambahan" setelah perang tahun lalu.

Langkah itu dilaporkan kantor berita Rusia, mengutip pernyataan Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan.

Rusia adalah sekutu dekat Armenia, bekas republik Soviet yang miskin dengan penduduk kurang dari 3 juta orang. Moskow memiliki satu pangkalan militer di barat laut Armenia.



Azerbaijan dan pasukan etnis Armenia berperang selama enam pekan di Nagorno-Karabakh dan daerah sekitarnya tahun lalu sampai konflik itu dihentikan oleh kesepakatan yang ditengahi Rusia pada November.



Perang itu menghasilkan keuntungan teritorial Azerbaijan dan memicu kehadiran pasukan penjaga perdamaian Rusia di zona konflik.



"Dua benteng dari pangkalan militer ke-102 Rusia didirikan di wilayah Syunik," papar kantor berita Interfax mengutip ucapan Pashinyan dalam pidatonya di parlemen Armenia.

Wilayah itu terjepit di antara Azerbaijan, daerah Azerbaijan di Nakhchivan, dan Iran.

"Ini adalah jaminan keamanan tambahan tidak hanya untuk wilayah Syunik tetapi juga untuk Armenia," papar perdana menteri Armenia tersebut.

Menteri Pertahanan Armenia mengatakan pada Februari bahwa Yerevan telah mengupayakan perluasan unit militer Rusia, yang berbasis di Gyumri di barat laut, dan penempatan beberapa pasukan Rusia lebih dekat ke Azerbaijan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)