Dipepet Tiga Kapal Iran di Teluk Persia, Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan

Rabu, 28 April 2021 - 11:36 WIB
loading...
Dipepet Tiga Kapal Iran di Teluk Persia, Kapal Perang AS Lepaskan Tembakan Peringatan
Kapal perang AS lepaskan tembakan peringatan saat dipepet tiga kapal Iran di Teluk Persia. Foto/New York Post
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melepaskan tembakan peringatan ke arah tiga kapal militer Iran yang terlalu dekat di Teluk Persia pada awal pekan ini.

Angkatan Laut AS mengatakan tiga speed boat yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam Iran bergerak dalam jarak 62 meter dari kapal perang USS Firebolt dan kapal Penjaga Pantai AS Baranoff.

Awalnya, Angkatan Laut AS mengatakan, awak kapal Amerika mengirim beberapa peringatan radio ke kapal Iran, tetapi mereka terus bergerak mendekat.

"Awak Firebolt kemudian melepaskan tembakan peringatan, dan kapal (Garda Revolusi) pindah ke jarak yang aman dari kapal AS," kata Armada Kelima AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari New York Post, Rabu (28/4/2021).

Senin menandai kedua kalinya bulan ini sebuah kapal AS harus mengeluarkan temnakan peringatan kepada pasukan Iran di Teluk Persia.

Pada tanggal 2 April, empat kapal Garda Revolusi Iran di Teluk Persia mendekati dua kapal patroli Penjaga Pantai AS.

Salah satu kapal Iran, katamaran Harth 55 yang besar, memotong dengan tajam di depan kapal AS sebelum membelok untuk menghindari tabrakan.



Hubungan bilateral AS-Iran jatuh ke dalam ketegangan baru di tengah prospek yang kabur untuk proses negosiasi program nuklir Iran, menyusul penarikan AS dari kesepakatan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015 pada 2018. Keputusan untuk menarik diri dari perjanjian tersebut dan memberlakukan sanksi luas terhadap Iran mendorong Teheran untuk melanjutkan pengayaan uranium di fasilitas nuklirnya.

JCPOA kembali ke meja perundingan, dengan kelompok-kelompok kerja yang memelopori upaya diplomatik untuk menghidupkan kembali perjanjian yang terkepung sekarang karena Administrasi Biden-Harris bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri AS.

Terlepas dari kemajuan baru-baru ini, para diplomat senior memperingatkan bahwa pembicaraan keras selama berminggu-minggu mengenai kesepakatan nuklir masih ada di depan, dan kemajuan itu masih genting. Selama konferensi pers pekan lalu, seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menyatakan bahwa jika penyelesaian tercapai, pemerintahan Biden akan dengan cepat mencabut sanksi terhadap Iran, tetapi tidak akan mempercepat pembicaraan dengan risiko kesepakatan yang solid.

Pekan lalu, Iran memberi tahu AS bahwa mereka yakin bahwa Washington harus memperluas daftar sanksi yang siap dicabut dalam negosiasi untuk memulihkan kesepakatan nuklir, perwakilan permanen Rusia untuk organisasi internasional di Wina mengatakan kepada Sputnik. Pemerintah AS, di sisi lain, tidak mau mempertimbangkan kesepakatan untuk memasukkan kembali kesepakatan nuklir dengan Iran jika itu membutuhkan AS untuk mencabut sanksi dan mematuhi JCPOA sebelum Iran harus mengambil langkahnya sendiri, menurut laporan pejabat tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)