KRI Nanggala-402 DinyatakanTenggelam, Inggris Sampaikan Ucapan Dukacita

Sabtu, 24 April 2021 - 19:10 WIB
loading...
KRI Nanggala-402 DinyatakanTenggelam, Inggris Sampaikan Ucapan Dukacita
Setelah melakukan pencarian selama 3 hari, KRI Nanggal-402 dinyatakan tenggelam. Foto/Sindonews
A A A
JAKARTA - Teka teki terkait nasib kapal selam KRI Nanggala-402 yang membawa 53 kru mulai terjawab. Setelah melakukan pencarian selama 72 jam, kapal selam berusia 44 tahun itu dinyatakan tenggelam setelahsejumlah kepingan dan barang dilaporkan ditemukan di beberapa lokasi.

Peristiwa ini pun memantik ucapan solidaritas dari negara sahabat, salah satunya Inggris. Menteri urusan Asia Kementerian Luar Negeri Inggris Nigel Adams menyampaikan ucapan solidaritasnya kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui akun Twitternya.

"Pikiran saya bersama semua yang ada di kapal selam yang hilang di Indonesia dan keluarga mereka @Menlu_RI," cuit Nigel Adams yang menyertakantautan berita ditemukannya serpihan KRI Nanggala-402.

Ucapan yang sama juga disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins.

"Doa saya menyertai para anggota TNI AL yang berada di kapal selam #KRINanggala402. Segenap doa saya juga menyertai keluarga mereka," tulis Jenkins di akun Twitternya yang dipantau Sindonews, Sabtu (24/4/2021).

"Sejumlah kepingan kapal tersebut telah ditemukan SAR," sambung Jenkins.

SebelumnyaPanglima TNI,Marsekal TNI Hadi Tjahjantomengatakan, pencarian kapal selam KRI Nanggala-402telah dinaikkan fasenya, dari fase submiss (hilang) menuju fase subsunk (tenggelam).

"Saya atas nama Panglima TNI menyampaikan rasa prihatin yang mendalam. Kita bersama-sama mendoakan supaya proses pencarian ini terus bisa dilaksanakan dan bisa mendapatkan bukti-bukti kuat," kata Panglima TNI saat konferensi pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margonomengungkapkan bahwatelah ditemukan sejumlah kepingan di beberapa lokasi.

"Telah ditemukan kepingan dan barang-barang di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat saat kapal itu menyelam," ungkap Laksmana Yudo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)