Didepak dari Program F-35, Turki Klaim Prototipe Jet Tempur Nirawaknya Terbang 2023

Jum'at, 23 April 2021 - 15:30 WIB
loading...
Didepak dari Program F-35, Turki Klaim Prototipe Jet Tempur Nirawaknya Terbang 2023
Prototipe jet tempur nirawak Turki, Bayraktar TB2. Foto/Defensehere.com
A A A
ANKARA - Turki mengeklaim prototipe jet tempur nirawak buatan dalam negeri akan terbang pada tahun 2023. Pernyataan ini muncul saat Washington resmi mendepak Ankara dari konsorsium program jet tempur siluman F-35 .

Klaim tentang perkembangan jet tempur nirawak Turki itu disampaikan Chief Technology Officer (CTO) Baykar, Selcuk Bayraktar.



Baykar adalah produsen pesawat tak berawak Turki. Selain menjadi eksekutif Baykar, Selcuk Bayraktar juga merupakan menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Bayraktar mengatakan Baykar telah mengerjakan kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) Akinci yang canggih selama empat hingga lima tahun, yang mengarahkan perusahaan ke proyek berikutnya, jet tempur tak berawak.

CTO Baykar itu mengatakan bahwa meskipun Turki yang dikeluarkan dari program jet tempur siluman F-35 tampak merugikan, dalam jangka panjang, hal itu akan memberikan hasil yang positif bagi industri pertahanan dalam negeri.

Turki telah didorong untuk mengembangkan kendaraan udara tak berawak (UAV) di dalam negeri dan sistem pertahanan lainnya dengan sanksi dan embargo tidak resmi di masa lalu.

Negara ini sekarang tidak hanya menggunakan drone tempurnya di lapangan, tetapi juga sedang dalam perjalanan untuk menjadi pengekspor utama sistem itu, di mana UCAV Bayraktar TB2 yang memimpin.

Menjelaskan kelemahan sistem yang diperoleh dari luar negeri, mengacu pada program F-35, Bayraktar mengatakan “sistem seperti itu, yang dikelola oleh komputer digital yang perangkat lunaknya akan kami dapatkan dari luar negeri, yang tidak kami ketahui sepenuhnya, dan yang merupakan komputer dan perangkat lunak misi asing yang memutuskan apa yang akan dilakukan oleh pemicu yang didorong oleh pilot atau tidak, dapat membuat kami terkena pembatasan serius dalam hal penggunaan independen."

“Mengingat kemungkinan pembatasan penggunaan dan potensi embargo dengan sistem yang akan diadakan dari luar negeri dan memiliki lusinan avionik, komputer penerbangan dan misi yang tidak dapat kami akses, platform tempur nasional akan memungkinkan kami untuk menggunakannya secara mandiri," ujarnya, seperti dikutip Daily Sabah, Jumat (23/4/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)