Rumah Sakit India Terbakar, 13 Pasien COVID-19 Tewas

Jum'at, 23 April 2021 - 14:22 WIB
loading...
Rumah Sakit India Terbakar, 13 Pasien COVID-19 Tewas
ICU Rumah Sakit Vijay Vallabh di Mumbai, India, terbakar pada Jumat (23/4/2021). Sebanyak 13 pasien COVID-19 meninggal. Foto/REUTERS
A A A
MUMBAI - Sebanyak 13 pasien COVID-19 meninggal dalam kebakaran di sebuah rumah sakit (RS) di India hari ini (23/4/2021).

Kebakaran tersebut menjadi tragedi terbaru yang menghantam sistem perawatan kesehatan India saat sistem itu tertekuk di bawah gelombang infeksi virus corona yang menghancurkan.



Gelombang baru infeksi ini dipicu oleh munculnya varian baru virus corona SARS-CoV-2 dan aturan pemerintah yang longgar yang memungkinkan pertemuan agama dan politik besar-besaran dalam beberapa bulan terakhir.

Kebakaran RS terjadi di pinggiran Mumbai sekitar pukul 03.00 pagi. Penyebabnya sedang diselidiki.

"Ada 17 pasien di dalam ketika kebakaran terjadi di ICU Rumah Sakit Vijay Vallabh, 13 di antaranya meninggal dan empat telah dipindahkan ke fasilitas lain," kata pejabat departemen pemadam kebakaran Morrison Khavari seperti dikutip AFP.

Sistem perawatan kesehatan India telah lama menderita kekurangan dana dan wabah COVID-19 yang baru telah menyebabkan kekurangan oksigen, obat-obatan, dan tempat tidur rumah sakit yang kritis, memicu permohonan bantuan yang putus asa.

Awal pekan ini, 22 pasien COVID-19 meninggal di rumah sakit lain dalam keadaan yang sama ketika pasokan oksigen ke ventilator mereka terganggu oleh kebocoran.

Pada awal bulan ini, empat pasien meninggal ketika kebakaran terjadi di rumah sakit swasta di Maharashtra. Pada bulan Maret, kebakaran di sebuah klinik Mumbai menewaskan 11 orang.

India telah mencatat sekitar 4 juta infeksi baru COVID-19 pada bulan ini saja, memupuskan harapan pada awal tahun bahwa negara itu mungkin telah melewati pandemi terburuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)