Korsel Nyatakan Siap Bantu Indonesia Temukan KRI Nanggala-402

Kamis, 22 April 2021 - 17:33 WIB
loading...
Korsel Nyatakan Siap Bantu Indonesia Temukan KRI Nanggala-402
Kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) pukul 04.30 WITA di perairan Bali. Foto/Antara/Syaiful Arif
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) mengatakan pihaknya siap membantu Indonesia untuk menemukan kapal selam KRI Nanggala-402 . Kapal selam itu hilang kontak saat menggelar latihan di perairan Bali, kemarin.

Kementerian Pertahanan Korsel menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada Kementerian PertahananIndonesia atas insiden yang menimpa kapal selam KRI Nanggala-402.

Korsel dan Indonesia, jelasnya, berbagi kemitraan yang erat di bidang industri pertahanan dan pertahanan berdasarkan Kemitraan Strategis Khusus kami.

"Kementerian Pertahanan Korsel siap mendukung misi pencarian dan penyelamatan Indonesia dengan segala cara yang memungkinkan atas permintaan dari Indonesia," ucapnya, dalam siaran pers Kedutaan Besar Korsel di Jakarta yang diterima Sindonews pada Kamis (22/4/2021).

Dalam pernyataan, kementerian itu mengatakan bahwa pihaknyatelah menyampaikan kesiapan untuk mendukung misi penyelamatan Indonesia melalui saluran diplomatik, setelah mendengar kabar tentang hilangnya KRI Nanggala-402.

"Indonesia meminta bantuan dari negara-negara di sekitarnya seperti Singapura karena urgensi misi penyelamatan dan menjawab kembali keinginan Kementerian Pertahanan Korsel untuk mendukung setelah melakukan diskusi internal di kalangan TNI," ujarnya.

"Menteri Pertahanan Korsel telah menginstruksikan Angkatan Laut untuk mempersiapkan kesiapan penuh untuk dapat berangkat ke Bali bila diminta oleh Kementerian Pertahanan Indonesia untuk bantuan penyelamatan," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)