Rudal Suriah Mendarat Dekat Situs Nuklir Israel untuk Pertama Kalinya

Kamis, 22 April 2021 - 08:43 WIB
loading...
Rudal Suriah Mendarat Dekat Situs Nuklir Israel untuk Pertama Kalinya
Reaktor nuklir Dimona, Israel. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Militer Israel pada Kamis (22/4/2021) mengakui rudal yang ditembakkan dari Suriah meledak dan mendarat di dekat situs nuklir Dimona untuk pertama kalinya. Namun, militer Zionis tersebut menolak asumsi bahwa situs nuklir Dimona telah menjadi target.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel (IDF) rudal surface-to-air SA-5 jarak jauh diluncurkan dari arah Suriah. "Menuju [ke] jet Angkatan Udara Israel (IAF)," kata IDF, seperti dikutip Jerusalem Post.



Juru bicara IDF Hidai Zilberman mengatakan serangan rudal itu terjadi di tengah serangan Israel di Suriah.

Zilberman tidak percaya dengan spekulasi bahwa fasilitas nuklir Dimona secara khusus ditargetkan dalam serangan rudal Suriah. Dia yakin rudal itu tidak dimaksudkan untuk menyerang situs tertentu di darat dekat situs penting tersebut.

Sementara itu, militer Suriah mengatakan sistem pertahanan udara mereka telah menembak jatuh rudal-rudal Israel di dekat Damaskus, dini hari tadi (22/4/2021).



"Sekitar pukul 01.38 hari ini, Israel melakukan tindakan agresi udara dengan menggunakan rudal dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki, setelah mengenai beberapa sasaran di pinggiran Damaskus," kata Kementerian Pertahanan Suriah dalam sebuah pernyataan.

"Sistem pertahanan udara kita telah memukul mundur agresi dan menjatuhkan mayoritas [rudal]. Agresi tersebut menyebabkan empat prajurit terluka dan menyebabkan beberapa kerusakan material," lanjut kementerian itu.

SANA, media yang dikelola negara Suriah, juga melaporkan bahwa sistem pertahanan udara negara itu telah menangkis serangan rudal di dekat ibu kota Damaskus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)