Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AS dan Norwegia di Atas Laut Barents

Selasa, 20 April 2021 - 10:41 WIB
loading...
Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AS dan Norwegia di Atas Laut Barents
Jet tempur MiG-31 Rusia. Foto/Russia Business Today
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Rusia mencegat dan mengawal pesawat patroli Amerika Serikat (AS) dan Norwegia di atas Laut Barents pada hari Senin.

Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip kantor berita RIA, Selasa (20/4/2021), mengatakan insiden di perairan utara Swedia, Norwegia, Finlandia dan Rusia tersebut melibatkan jet tempur MiG-31.



Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada The Hill bahwa Departemen Pertahanan AS mengetahui laporan tersebut.

"Aktivitas mencegat bukanlah hal yang aneh. Sebagian besar dianggap aman. Namun, kami tidak membahas detail interaksi itu sendiri," kata pejabat Pentagon tersebut.

Pada pekan lalu, sebuah jet tempur MiG-31 Rusia juga mencegat dan mengawal pesawat pengintai AS di sepanjang timur laut jauh Semenanjung Kamchatka di atas Samudra Pasifik.

Moskow dalam sebulan terakhir telah meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut, terutama di perbatasannya dengan Ukraina dan di Laut Hitam, di mana jet-jet tempur dan pembom Rusia sering terbang di dekat wilayah udara sekutu NATO.



Pertempuran telah meningkat di timur Ukraina antara tentara Ukraina dengan pasukan separatis pro-Rusia. Pejabat pemerintahan Joe Biden telah mengonfirmasi bahwa Moskow sekarang memiliki lebih banyak pasukan di perbatasannya dengan Ukraina daripada kapan pun sejak 2014.

Presiden Biden pekan lalu menyuarakan keprihatinan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang meningkatnya ketegangan di Ukraina dalam panggilan telepon di mana ia menekankan komitmen teguh Amerika Serikat untuk Kiev.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)