Lukisan Termahal Dunia Salvator Mundi Terancam Punah di Superyacht Pangeran Saudi

Rabu, 14 April 2021 - 13:30 WIB
loading...
A A A


Seorang pejabat Prancis pada pekan lalu mengatakan pemilik lukisan tersebut; pangeran Saudi, masih menahan pekerjaan untuk pertunjukan tersebut karena mereka ingin lukisan tersebut digantung di sebelah Mona Lisa.

Laporan New York Times menyimpulkan bahwa keretakan hubungan Prancis-Saudi atas lukisan itu jauh dari perselisihan tentang seni, tetapi lebih merupakan salah satu "kekuatan dan ego".

Louvre menganggap Mona Lisa tidak tergoyahkan karena keamanan yang tinggi dan kerumunan besar yang menarik perhatiannya, dan pejabat Prancis berpendapat bahwa "tidak mungkin" untuk menempatkan lukisan di sebelahnya.

Karena Saudi tidak mengizinkan Salvator Mundi untuk dipajang, pemerintah Prancis—yang mengawasi Louvre—tidak mempublikasikan temuan positifnya tentang keaslian lukisan itu. Pihak museum mengatakan tidak diizinkan untuk mengomentari karya-karya milik pribadi kecuali dipajang di galerinya.

Masih belum jelas mengapa Riyadh memilih untuk tidak mengambil kesempatan untuk mendapatkan laporan resmi yang mengonfirmasi bahwa lukisan yang banyak diperdebatkan itu adalah lukisan da Vinci, karena ketidaksepakatan kecil tentang penempatan selama pameran.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)