Tiga Hari Terjebak, Biksu Budha Berhasil Diselamatkan dari Gua yang Banjir

loading...
Tiga Hari Terjebak, Biksu Budha Berhasil Diselamatkan dari Gua yang Banjir
Seorang biksu Buddha, Phra Ajarn Manas, berhasil diselamatkan dari gua yang banjir setelah terjebak selama tiga hari. Foto/The Guardian
BANGKOK - Petugas penyelamat Thailand mengatakan mereka berhasil menyelamatkan seorang biksu Buddha yang terjebak di dalam gua yang banjir di Provinsi Phitsanulok. Ia masuk ke dalam gua beberapa hari lalu untuk bermeditasi.

Biksu yang diidentifikasi bernama Phra Ajarn Manas (46) sedang berziarah dari provinsi lain dan memasuki gua Phra Sai Ngam pada hari Sabtu.

Badai yang melanda wilayah Thailand pada Minggu dan berlanjut hingga Selasa membanjiri beberapa bagian gua saat dia berada di dalam, kata unit penyelamat lokal di halaman Facebooknya.

Baca juga: Blokir Iring-iringan Ratu, 5 Aktivis Thailand Didakwa Lakukan Percobaan Kekerasan

Unit tersebut mengatakan penduduk di daerah itu memberi tahu mereka bahwa biksu itu terperangkap di dalam gua pada Selasa sore. Petugas penyelamat pergi mencarinya tetapi harus membatalkan operasi mereka setelah sekitar satu jam karena naiknya permukaan air.



Gambar di halaman Facebook unit tersebut menunjukkan biksu itu pada hari Rabu duduk di dalam gua dikelilingi oleh petugas penyelamat dan tekanan darahnya diperiksa.

"Pada 11:30 kami berhasil menyelamatkan Phra Manas keluar dari gua," kata unit itu dalam sebuah postingan seperti dikutip dari CNN, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Korban Kekerasan Myanmar Dapat Perawatan di Perbatasan Thailand

Salah satu petugas penyelamat mengkonfirmasi melalui panggilan telepon bahwa biksu itu keluar dari gua dan mendapatkan pertolongan pertama.

Tujuh belas penyelam berpartisipasi dalam upaya untuk menemukan dan membebaskan biksu tersebut.



Thailand menjadi berita utama global pada tahun 2018 dengan penyelamatan terkenal terhadap 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka dari gua yang banjir di kota utara Chiang Rai.

Baca juga: Diserang Jet Militer, 3.000 Rakyat Myanmar Lari ke Thailand
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top