China Desak AS Hentikan Komunikasi Resmi dengan Taiwan

Sabtu, 03 April 2021 - 18:50 WIB
loading...
China Desak AS Hentikan Komunikasi Resmi dengan Taiwan
Kementerian Luar Negeri China meminta Amerika Serikat (AS) untuk mematuhi prinsip satu-China dan menghentikan semua bentuk pertukaran resmi dengan Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China meminta Amerika Serikat (AS) untuk mematuhi prinsip satu-China. Ini termasuk menghentikan semua bentuk pertukaran resmi dengan Taiwan .

Ini adalah respon atas pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price bahwa Washington akan terus mempertimbangkan peluang untuk kunjungan ke Washington dan Taipei oleh otoritas tingkat senior untuk memajukan hubungan tidak resmi mereka.

"Kami mendesak Amerika Serikat untuk sepenuhnya memahami sifat sangat sensitif dari pertanyaan Taiwan dan mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

"Kami mendesak pihak AS untuk menghentikan praktik berbahaya menantang garis bawah dan bermain api seperti yang dilakukan pemerintahan sebelumnya," sambungnya.

Hua, seperti dilansir Xinhua pada Sabtu (3/4/2021), menyerukan untuk menangani pertanyaan Taiwan dengan hati-hati dan tepat dan tidak mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis yang mencari "kemerdekaan Taiwan," untuk menghindari merongrong hubungan China-AS serta perdamaian dan stabilitas di seluruh Selat Taiwan.

Dia mencatat bahwa duta besar AS untuk Palau bergabung dengan delegasi Palau dalam kunjungan ke Taiwan, dan bertanya, "Apakah Amerika Serikat benar-benar peduli dengan orang-orang di Taiwan? Atau apakah ia menggunakan Taiwan sebagai pion dalam komplotannya untuk menahan China? "

"Hanya ada satu China di dunia dan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah kami, dan pemerintah China adalah satu-satunya pemerintahan resmi yang mewakili seluruh China. Ini adalah fakta dasar yang diakui oleh komunitas internasional," ujarnya.

"Masalah Taiwan adalah masalah paling penting dan sensitif dalam hubungan China-AS dan prinsip satu-China adalah fondasi politik hubungan China-AS, garis merah yang tidak boleh dilintasi," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)