Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina Bikin NATO Khawatir

Jum'at, 02 April 2021 - 23:31 WIB
loading...
A A A
Bulan lalu Rusia melakukan latihan militer di Crimea, semenanjung Laut Hitam yang dianeksasi dari Ukraina pada Maret 2014.

Pemberontak di wilayah Donbas di timur Ukraina juga mengandalkan bantuan Rusia. Pemerintah Barat mengatakan Rusia telah mengerahkan pasukan reguler di sana, bersama dengan senjata berat. Tuduhan itu dibantah oleh Kremlin, yang mengatakan "sukarelawan" Rusia membantu pemberontak, yang merebut sebagian wilayah Donetsk dan Luhansk pada April 2014.

Video yang belum diverifikasi di Twitter dalam beberapa hari terakhir dimaksudkan menunjukkan tank, artileri, dan kendaraan lapis baja Rusia menuju ke perbatasan Ukraina.

Komandan militer Ukraina Jenderal Ruslan Khomchak mengatakan Rusia telah mengerahkan 28 kelompok taktis batalion di dekat perbatasan timur Ukraina dan di Crimea, yang akan berjumlah 20.000-25.000 tentara. Pejabat Rusia belum mengkonfirmasi itu, atau memberikan angka pasti.

Menurut Jenderal Khomchak, Rusia juga memiliki hampir 3.000 perwira dan instruktur militer di unit pemberontak di timur Ukraina.



Militer Rusia telah mengkonfirmasi bahwa brigade serangan udara - sekitar 4.000 tentara - sedang dikirim ke Crimea dari Volgograd di Rusia selatan tahun ini.

Sejak 2014 Rusia telah meningkatkan kehadiran militernya di Crimea, termasuk pangkalan angkatan laut Sevastopol yang utama.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)