Hadapi China yang Makin Agresif, Australia Akan Gabung Latihan Perang Prancis

Sabtu, 27 Maret 2021 - 15:26 WIB
loading...
Hadapi China yang Makin Agresif, Australia Akan Gabung Latihan Perang Prancis
Kapal perang Australia, HMAS Anzac. Foto/Pasukan Pertahanan Australia
A A A
CANBERRA - Australia akan bergabung dengan sekutu Quad barunya dalam latihan perang Angkatan Laut Prancis bulan depan saat. Manuver militer itu akan digelar ketika kawasan tersebut meningkatkan kerjasamanya dalam menghadapi China yang semakin agresif.

Latihan perang "La Perouse" yang dipimpin Prancis akan digelar di Teluk Benggala dari 5 hingga 7 April. Fregat perang anti-kapal selam Australia; HMAS Anzac, akan ambil bagian bersama dengan kapal pemasok HMAS Sirius.



Latihan ini dilakukan saat memburuknya hubungan antara Beijing dan Paris semakin mendalam. Duta Besar China untuk Prancis menolak panggilan diplomatik setelah serangan hebat "wolf warrior" terhadap para kritikus kebijakan Partai Komunis China.

Ini adalah pengalaman yang dapat dihubungkan dengan Australia.

“Kerjasama reguler dengan mitra dan tetangga kita sangat penting untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang damai, inklusif, berdaulat, dan tangguh, di mana hak-hak semua negara dihormati,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan Australia Marise Payne tentang latihan perang La Perouse seperti dikutip news.com.au, Sabtu (27/3/2021).

India telah diundang untuk mengirim kapal untuk pertama kalinya, bergabung dengan Jepang dan Amerika Serikat.

Ini merupakan indikasi lain dari kerjasama yang berkembang di wilayah tersebut.

Pada November tahun lalu, Australia mengambil bagian dalam latihan perang besar-besaran "Malabar" di India untuk pertama kalinya.

Militer China, pada saat itu, sudah sibuk di dekatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)