AS Bikin Rudal Nuklir Baru Rp1.440 Triliun, Para Pakar Ketir-ketir

Jum'at, 12 Maret 2021 - 04:00 WIB
loading...
AS Bikin Rudal Nuklir Baru Rp1.440 Triliun, Para Pakar Ketir-ketir
Rudal balistik antarbenua LGM-30F Minuteman III Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Tech. Sgt. Bob Wickley/USAF
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang membangun rudal nuklir baru senilai USD100 miliar (lebih dari Rp1.440 triliun). Para pakar kontrol senjata merasa ketir-ketir karena proyek senjata berbahaya itu berdasarkan serangkaian asumsi yang salah dan ketinggalan zaman.

Laporan baru dari Federasi Ilmuwan Amerika (FAS) mengungkap proyek rudal nuklir baru Amerika dan kecemasan para pakar.



Laporan tersebut, yang akan diterbitkan minggu depan, menyatakan bahwa pencegah strategis berbasis darat (GBSD) didorong oleh pelobi industri yang intens dan politisi yang akan mendapat manfaat paling banyak darinya secara ekonomi, daripada penilaian yang jelas tentang tujuan dari rudal balistik antarbenua (ICBM) baru.

“Semakin jelas bahwa belum ada pertimbangan serius tentang peran apa yang seharusnya dimainkan oleh senjata era Perang Dingin ini dalam lingkungan keamanan pasca-perang dingin,” bunyi laporan FAS, berjudul "Siled Thinking".

Menurut FAS, sebuah kelompok think tank non-partisan, label harga Angkatan Udara AS untuk GBSD baru sengaja dibingkai sedemikian rupa sehingga tampak sedikit lebih murah daripada biaya memperpanjang umur rudal yang akan digantikannya, Minuteman III.

Penilaian independen oleh perusahaan Rand pada waktu yang hampir bersamaan, menunjukkan bahwa harga senjata yang benar-benar baru dapat menelan biaya dua hingga tiga kali lipat.

Upaya Kongres untuk mengamanatkan studi independen tentang biaya komparatif diblokir pada 2019 dengan bantuan pelobi industri.

Perkiraan saat ini adalah bahwa biaya akuisisi dasar GBSD akan menjadi USD100 miliar, sedangkan total biaya pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan selama umur yang diproyeksikan hingga 2075 diproyeksikan sebesar USD264 miliar.



Laporan tersebut diterbitkan saat pemerintahan Joe Biden sedang mempersiapkan anggaran pertahanan pertamanya yang dapat mengungkapkan niatnya terhadap GBSD, yang masih dalam tahap awal.

Pada September 2020, Northrop Grumman dianugerahi kontrak untuk fase rekayasa, manufaktur, dan pengembangan proyek senjata senilai USD13,3 miliar. Pemberian kontrak terjadi lebih dari setahun setelah saingan satu-satunya, Boeing, menarik diri dari persaingan kontrak, dengan mengeluhkan terjadi persaingan yang curang. Dikatakan bahwa pembelian Northrop Grumman atas salah satu dari dua perusahaan di AS yang membuat motor roket berbahan bakar padat memberinya keuntungan yang tidak adil.

Saat ini terdapat 400 misil Minuteman yang tersebar di lima negara bagian; Colorado, Montana, Nebraska, North Dakota dan Wyoming. Banyak pendukung kontrol senjata berpendapat bahwa alih-alih diganti, mereka harus dihapus seluruhnya atas dasar kerentanan mereka dan akibat ketidakstabilan.

Seorang presiden AS akan memiliki waktu kurang dari setengah jam untuk memutuskan apakah akan menggunakan rudal jika terjadi serangan mendadak dari Rusia (satu-satunya negara dengan persenjataan yang cukup besar untuk melakukan serangan semacam itu), atau berisiko kehilangan semuanya saat rudal musuh masuk. Keputusan harus dibuat berdasarkan sistem peringatan dini, yang berpotensi rusak atau diretas.

“Memutuskan untuk meluncurkan ICBM AS di bawah kondisi ini akan menjadi keputusan paling berdampak dalam sejarah manusia,” lanjut laporan FAS. "Tidak peduli seberapa kompetennya presiden, tidak dapat dimungkiri bahwa satu individu dapat membuat keputusan rasional dalam keadaan luar biasa ini, terutama mengingat irasionalitas sistem itu sendiri dan kemungkinan alarm palsu."

Para pihak yang skeptis dengan ICBM, termasuk mantan menteri pertahanan dan komandan militer, mengatakan AS harus mengandalkan pembom nuklir dan rudal yang diluncurkan kapal selam, dua kaki lain dari triad nuklir AS, yang dapat digunakan dalam serangan balasan jika terjadi serangan nuklir yang dikonfirmasi.

Sedangkan pendukung GBSD menentang ketergantungan yang lebih besar pada rudal Trident yang diluncurkan di laut, yang mereka katakan akan menjadi sandera kemajuan dalam perang anti-kapal selam.

“Tidak masuk akal untuk mengandalkan fakta bahwa lautan akan selamanya buram dalam jangka panjang,” kata Tim Morrison, mantan penasihat Gedung Putih untuk Donald Trump tentang Rusia dan senjata nuklir, yang sekarang jadi pakar di Hudson Institute.

“Musuh kami memahami seberapa banyak pencegahan kami didasarkan pada kapal selam kami dan kami dapat bertaruh bahwa mereka berusaha membuat kapal selam itu rentan. Saya tidak melihat alasan mengapa AS akan menaruh lebih banyak telur di keranjang itu dengan menghilangkan kaki triad [nuklir] kami yang termurah dan paling responsif."



Laporan FAS akan membantah sebaliknya—bahwa kekuatan kapal selam AS yang bertahan hidup, yang membawa 55 persen dari total persenjataan nuklir, tidak mungkin berubah, bahkan beberapa dekade ke depan.

Beberapa kritikus memperdebatkan jeda dalam pembangunan GBSD, menunda peningkatan pendanaan yang dijadwalkan sementara pemerintahan baru melakukan tinjauan postur nuklir.

Sementara jeda dimungkinkan, pemerintahan Biden diperkirakan tidak akan memikirkan kembali triad, yang telah menjadi ortodoksi nuklir AS sejak awal Perang Dingin.

"Saya pikir mereka akan membuat keputusan yang salah," kata mantan menteri pertahanan William Perry kepada Guardian, Kamis (11/3/2021). "Argumen yang mendukung mempertahankan triad ini telah begitu membumi kita selama bertahun-tahun sehingga sangat tidak mungkin mereka akan menemukan cara untuk mengatasi itu."

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Pusat Kebijakan Internasional pada hari Selasa mengatakan Northrop Grumman dan subkontraktor utamanya menghabiskan lebih dari USD119 juta untuk melobi pada 2019 dan 2020 saja dan mempekerjakan total 410 pelobi termasuk banyak mantan pejabat.

Meningkatnya kekuatan militer China semakin dikutip oleh para pendukung GBSD sebagai alasan untuk membangun senjata baru tersebut. Ketika anggota Kongres dari Demokrat; Ro Khanna, menyarankan amandemen pada Juli lalu karena menggunakan USD1 miliar dari uang benih GBSD untuk membantu memerangi pandemi COVID-19, Liz Cheney dari Partai Republik, yang negara bagian asalnya di Wyoming menjadi tuan rumah kompleks rudal Minuteman di Pangkalan Angkatan Udara Warren, nyaris menuduhnya menjadi antek China.

“Saya kira pemerintah China, sejujurnya, tidak dapat membayangkan dalam mimpi terliar mereka bahwa mereka akan dapat meminta anggota Kongres AS untuk mengusulkan, dalam menanggapi pandemi, bahwa kita harus memotong satu miliar dollar kekuatan nuklir kita," kata Cheney.

FAS saat ini memperkirakan persenjataan nuklir China sebanyak 320 hulu ledak, dibandingkan dengan 3.800 yang telah dikerahkan AS dan dalam cadangan. Laporan Siled Thinking menyatakan bahwa ICBM Amerika tidak relevan untuk menghalau China karena setiap peluncuran dari Great Plains dan di atas Arktik dapat ditafsirkan oleh Moskow sebagai serangan terhadap Rusia dan oleh karena itu akan berisiko memperlebar konflik yang sudah menjadi bencana besar.

“Secara keseluruhan, rekomendasi Angkatan Udara untuk mengejar rudal baru didasarkan pada serangkaian asumsi yang salah tentang bagaimana GBSD akan mengatasi kesenjangan kemampuan yang dirasakan, menjaga kesehatan pangkalan industri motor roket padat yang besar...dan—yang paling penting—lebih murah daripada biaya perpanjangan hidup Minuteman," bunyi laporan berjudul Siled Thinking tersebut.

"Kalau dipikir-pikir, dan setelah diteliti lebih lanjut, semua asumsi ini tampaknya telah dilebih-lebihkan atau tidak diprioritaskan," lanjut laporan itu, yang menyerukan evaluasi ulang secara menyeluruh.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)