Pemasangan Patung Yuri Gagarin Tandai Peringatan Hubungan RI-Rusia

Kamis, 11 Maret 2021 - 18:49 WIB
loading...
Pemasangan Patung Yuri Gagarin Tandai Peringatan Hubungan RI-Rusia
Peresmian dilakukan melalui penandatanganan prasasti oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Patung Yuri Gagarin, Kosmonot Uni Soviet yang menjadi manusia pertama di ruang angkasa, diresmikan pemasangannya di Taman Mataram, Jakarta. Peresmian dilakukan melalui penandatanganan prasasti oleh Wekil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kehadiran Patung Yuri Gagarin di Taman Mataram memaknai keeratan warga Jakarta dengan Rusia, khususnya dalam mendukung sejarah 70 tahun hubungan bilateral kedua negara serta menciptakan ruang terbuka hijau yang sejuk dan nyaman bagi publik Jakarta," ucap Anies, seperti dikutip dari lama resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Kamis (11/3/2021).

Sedangkan, Deputi Walikota Moskow, Sergey Cheremin sampaikan apresiasi atas interaksi yang kuat dalam kerja sama kebudayaan antara Jakarta dan Moskow meski di tengah kondisi pandemi.

Sementara itu, Mahendra menuturkan bahwa sosok kosmonot Rusia tersebut telah sejak lama menginspirasi kaum muda di Indonesia untuk berprestasi.

Menurutnya, figur Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang pergi ke luar angkasa tidak hanya menjadi pahlawan bagi masyarakat Rusia, namun juga menjadi ‘Hero of Men.’ Dia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Rusia atas hibah patung tersebut.

Pada giliranya, Vorobieva menekankan, hubungan persahabatan kedua negara yang terus berkembang berdasarkan prinsip saling percaya dan kesetaraan, dan menyampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta atas kesediaan menempatkan patung Yuri Gagarin di Taman Mataram.

Peresmian patung Yuri Gagarin ini menjadi pamungkas rangkaian kegiatan peringatan 70 Tahun hubungan diplomatik Indonesia – Rusia yang telah dimulai di awal 2020 lalu.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)