Sinwar Terpilih Lagi untuk Pimpin Hamas di Jalur Gaza

Kamis, 11 Maret 2021 - 04:04 WIB
loading...
Sinwar Terpilih Lagi untuk Pimpin Hamas di Jalur Gaza
Pemimpin Hamas di Jalur Gaza Yehya Al-Sinwar. Foto/REUTERS
A A A
GAZA CITY - Yehya Al-Sinwar terpilih kembali untuk memimpin Hamas di Jalur Gaza untuk masa jabatan kedua.

Terpilihnya Sinwar mencerminkan kontrolnya pada sayap politik dan militer dari kelompok Islam yang memerintah daerah kantong Palestina tersebut.

Sinwar adalah pemimpin Hamas di Gaza sejak 2017. Dia dibebaskan dalam pertukaran tahanan 2011 dengan Israel setelah menghabiskan lebih dari 20 tahun di balik jeruji besi atas berbagai tuduhan termasuk membunuh para tersangka informan yang menentang Hamas.



Meski dia mendukung penolakan Hamas untuk hidup berdampingan dengan Israel, Sinwar mempertahankan kebuntuan yang relatif stabil di seberang perbatasan Gaza.

Lihat infografis: Joe Biden Cabut Larangan Perjalanan Muslim yang Dibuat Trump

Dia juga mengupayakan hubungan yang lebih baik dengan Mesir yang mempertahankan pembatasan di sepanjang perbatasannya dengan Gaza, wilayah pantai kecil Mediterania.

Lihat infografis: China Kembali Operasikan Salah Satu Kapal Perang Terkuat di Dunia

"Kemenangan Sinwar menunjukkan pria itu mempertahankan cengkeraman yang kuat pada hal-hal di dalam gerakan itu, terutama di dalam komponen vitalnya seperti sayap militer," ungkap pengamat politik Gaza, Adnan Abu Amer.

"Kemenangan tersebut memungkinkan Sinwar menjalankan kebijakannya, baik di dalam Gaza atau dengan negara-negara di kawasan dan penanganan konflik dengan Israel," ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)