Helikopter Turki Jatuh, 11 Tentara Tewas Termasuk Seorang Letnan Jenderal

Jum'at, 05 Maret 2021 - 10:26 WIB
loading...
Helikopter Turki Jatuh, 11 Tentara Tewas Termasuk Seorang Letnan Jenderal
Helikopter militer tipe Cougar. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Sebuah helikopter militer jatuh di Turki timur, hari Kamis. Sebanyak 11 tentara, termasuk seorang letnan jenderal, yang berada di dalamnya tewas.

Kementerian Pertahanan mengatakan kecelakaan ini juga menyebabkan dua personel militer lainnya terluka.



Devlet Bahceli, pemimpin partai nasionalis utama Turki, mengatakan para korban tewas termasuk Letnan Jenderal Osman Erbas, seorang komandan korps militer.

Media pro-pemerintah, Sabah Daily, Jumat (5/3/2021) juga melaporkan bahwa Letnan Jenderal Erbas tewas. Sembilan dari korban tewas di lokasi kecelakaan, sementara yang kesepuluh meninggal karena luka-lukanya di rumah sakit.

“Pencarian di tempat menentukan bahwa helikopter itu rusak karena kecelakaan,” kata Kementerian Pertahanan tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Kontak dengan helikopter tipe Cougar hilang 30 menit setelah lepas landas kemarin.

Helikopter itu jatuh di kota Tatvan, di provinsi Bitlis yang berpenduduk mayoritas Kurdi. Lokasinya berada di daerah di mana pasukan Turki telah memerangi militan dari Partai Pekerja Kurdistan atau PKK—kelompok yang dilarang oleh pemerintah Turki.



Konflik dengan milisi Kurdi telah menewaskan puluhan ribu orang sejak 1984. PKK dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Sebelumnya, pada 2017, sebuah helikopter militer jatuh di tenggara provinsi Sirnak dekat perbatasan Turki dengan Suriah dan Irak, menewaskan 13 tentara.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)