Israel Tuding Iran Lakukan 'Terorisme Lingkungan'

Jum'at, 05 Maret 2021 - 00:58 WIB
loading...
Israel Tuding Iran Lakukan Terorisme Lingkungan
Israel menuding Iran telah menumpahkan minyak ke laut sebagai bentuk serangan lingkungan. Foto/Yahoo
A A A
TEL AVIV - Menteri perlindungan lingkungan Israel , Gila Gamliel mengatakan, Iran bertanggung jawab atas tumpahan minyak baru-baru ini dan merusak pantainya. Tanpa bukti, menteri Israel mengklaim insiden itu sebagai bentuk "terorisme lingkungan."

Gamliel mengatakan setelah penyelidikan dua minggu yang bertujuan untuk "mendapatkan kapal kriminal" yang bertanggung jawab atas tar licin tersebut, kementeriannya telah mengidentifikasi sebuah kapal tanker berbendera Panama bernama Emerald, yang menyelundupkan minyak dari Iran ke Suriah yang melanggar sanksi internasional.

"Kapal itu berlayar melalui Teluk dan Laut Merah dengan kontak pelacakan radio dan satelit yang terputus-putus sebelum membuang minyak di Mediterania timur antara 1 dan 2 Februari," katanya.



"Sekarang berlabuh di Iran," tambahnya seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (5/3/2021).

Data pelacakan kapal dari Refinitiv menunjukkan Emerald melaporkan posisinya setelah melewati Terusan Suez pada 1 Februari dan sekali lagi di Turki dua hari kemudian, menunjukkan ia lewat di dekat Israel sekitar waktu para pejabat Israel percaya tumpahan itu terjadi.

Kementerian perlindungan lingkungan Israel mengatakan memiliki bukti "tidak langsung" daripada "forensik" bahwa ini adalah kapal di balik tumpahan minyak. Ia menambahkan itu telah mengesampingkan sumber lain.

"Setelah mengurangi jumlah tersangka dalam insiden tersebut, kami menemukan bahwa itu bukan hanya kejahatan lingkungan - tetapi terorisme lingkungan," tweet Gamliel kemudian.



Reuters melaporkan kapal itu dibeli oleh Emerald Marine Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis di Kepulauan Marshall, mengutip database pengiriman Equasis. The Guardian tidak dapat menghubungi perusahaan tersebut untuk memberikan komentar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)