Pemimpin Tertinggi Iran Perintahkan Mulai Pengayaan Uranium Hari Ini

Selasa, 02 Maret 2021 - 09:48 WIB
loading...
Pemimpin Tertinggi Iran Perintahkan Mulai Pengayaan Uranium Hari Ini
Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei menyerukan agar negara itu memulai pengayaan uranium hari ini juga sebelum terlambat.

Dalam video di akun Twitter berbahasa Arab, Khamenei berkata, "Hari ketika minyak habis, energi nuklir yang diproduksi lebih bersih dan dengan biaya lebih rendah akan menjadi hal biasa."

"Pengayaan tidak bisa dimulai pada saat itu. Kita harus mulai dari hari ini, dan kita harus mulai sekarang agar siap dan memiliki kemampuan ini," papar dia.



"Orang Barat yang arogan ingin Iran membutuhkan mereka ketika membutuhkan energi nuklir sehingga mereka dapat memaksakan berbagai syarat mereka dan memerasnya," tegas dia.

Lihat infografis: PBNU Tegaskan Menolak Legalisasi Miras, Lebih Banyak Mudaratnya

Pemimpin Iran membuat pernyataan itu setelah Teheran menolak proposal Eropa untuk mengadakan pertemuan informal dengan Amerika Serikat (AS) dan para anggota kesepakatan nuklir dari Eropa untuk menyelamatkannya.



Sementara itu, juru bicara Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Abul Fadl Amami, mengutip Kepala Organisasi Energi Nuklir Iran Ali Akbar Salehi yang mengatakan Teheran telah mulai memasang sentrifugal generasi baru di fasilitas nuklir Fordow.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)