Iran Keukeuh AS Harus Cabut Sanksi Sebelum Pembicaraan Kesepakatan Nuklir Dimulai

Selasa, 02 Maret 2021 - 03:30 WIB
loading...
Iran Keukeuh AS Harus Cabut Sanksi Sebelum Pembicaraan Kesepakatan Nuklir Dimulai
Iran bersikeras bahwa AS harus mencabut sanksi terlebih dahulu jika ingin mengadakan pembicaraan dengan Teheran untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran bersikeras bahwa Amerika Serikat (AS) harus mencabut sanksi terlebih dahulu jika ingin mengadakan pembicaraan dengan Teheran untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir. Teheran mengatakan, sebelum Washington ubah kebijakan, tidak ada pembicaraan.

"Pemerintahan Presiden Joe Biden harus mengubah kebijakan tekanan maksimum Donald Trump terhadap Teheran," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh.



"Jika mereka ingin berbicara dengan Iran, pertama-tama mereka harus mencabut sanksi," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (2/3/2021).

Presiden AS, Joe Biden mengatakan Washington siap untuk melakukan pembicaraan dengan Iran, mengenai kedua negara kembali sepenuhnya mematuhi kesepakatan itu. Tapi masing-masing pihak ingin yang lain bergerak lebih dulu.

Barat khawatir Iran ingin membangun senjata nuklir. Sementara Teheran mengatakan itu tidak pernah menjadi tujuannya.



Washington sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya kecewa dengan penolakan Teheran untuk mengadakan pembicaraan. Tetapi siap untuk kembali terlibat dalam diplomasi yang berarti dan akan berkonsultasi dengan negara-negara lain mengenai hal ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)