Iran Bantah Berada di Balik Ledakan Kapal Israel

Selasa, 02 Maret 2021 - 00:06 WIB
loading...
Iran Bantah Berada di Balik Ledakan Kapal Israel
Iran dengan tegas menolak klaim Tel Aviv bahwa Teheran berada di balik ledakan di atas kapal milik Israel di Teluk Oman, pekan lalu. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran dengan tegas menolak klaim Tel Aviv bahwa Teheran berada di balik ledakan di atas kapal milik Israel di Teluk Oman, pekan lalu. Ini adalah respon atas klaim Perdana Menteri Israel , Benjamin Netanyahu.

Saat melakukan wawancara dengan Kan Radio, Netanyahu dengan tegas menyatakan bahwa Iran berada di balik ledakan tersebut. Ini memang operasi oleh Iran, itu jelas," kata Netanyahu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh mengatakan, pihaknya sama sekali tidak terlibat dalam insiden tersebut.

"Kami sangat menolak tuduhan ini, keamanan Teluk Persia sangat penting bagi Iran," ucap Khatibzadeh dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya diwartakan, kapal MV HELIOS RAY berbendera Bahama terkena ledakan di Teluk Oman. Hal itu sesuai laporan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) dan satu perusahaan keamanan maritim.

UKMTO mengatakan, kapal tersebut mengalami ledakan pada hari Kamis, dan tidak ada korban jiwa. Badan tersebut tidak mengklarifikasi apa yang menyebabkan ledakan tersebut.

Perusahaan keamanan maritim Dryad Global mengatakan, MV HELIOS RAY adalah kapal pengangkut kendaraan milik Helios Ray Ltd, perusahaan Israel yang terdaftar di Isle of Man. Kapal itu sedang dalam perjalanan ke Singapura dari Dammam di Arab Saudi.

Kapal itu sendiri diketahui dimiliki oleh pengusaha Israel , Abraham Ungar. Pengusaha itu dilaporkan sebagai sosok yang dekat dengan Kepala Mossad , Yossi Cohen
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)