Istri Cantik Bantu El Chapo Operasionalkan Kartel Sinaloa dari Penjara

loading...
Istri Cantik Bantu El Chapo Operasionalkan Kartel Sinaloa dari Penjara
Emma Coronel Aispuro. Foto/sinembargo.mx
WASHINGTON - Hakim pengadilan Amerika Serikat (AS) memerintahkan Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkoba Meksiko Joaquin " El Chapo " Guzman, untuk ditahan. Ia dituduh berkonspirasi dengan suaminya untuk menjalankan kartel narkoba bernilai miliaran dolar meski El Chapo berada di balik jeruji besi.

Penangkapan Coronel (31), di Bandara Internasional Dulles dekat Washington pada hari Senin adalah penangkapan warga Meksiko atas tuduhan narkoba yang paling terkenal di AS sejak mantan Menteri Pertahanan Salvador Cienfuegos ditahan pada bulan Oktober lalu.

Dalam sidang di pengadilan federal, jaksa AS Anthony Nardozzi mengatakan, Coronel bekerja erat dengan struktur komando dan kontrol dari organisasi perdagangan narkoba Meksiko yang dikenal sebagai kartel Sinaloa - terutama dengan suaminya, Joaquin 'El Chapo' Guzman, pemimpin kartel.





"Terdakwa memiliki akses ke rekan kriminal yang tergabung dalam kartel Sinaloa, serta sarana keuangan yang menimbulkan risiko serius untuk melarikan diri," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

Coronel saat ini ditahan di penjara Alexandria, Virginia, dan pengacaranya diharapkan akan mengajukan jaminan. Ia sendiribelum mengajukan pembelaan atas tuduhan jaksa.

Jaksa penuntut mengatakan bahwa Coronel tumbuh dengan pemahaman tentang bisnis narkoba dan jangkauan kartel Sinaloa.



Baca juga: Jejak Istri Cantik El Chapo: dari Ratu Kecantikan Menjadi Ratu Narkoba
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top