China Bangun Pangkalan Militer Besar-besaran di Laut China Selatan

loading...
China Bangun Pangkalan Militer Besar-besaran di Laut China Selatan
Mischief Reef, pulau buatan di Laut China Selatan yang dikuasai China. Pulau buatan ini dijadikan pangkalan militer oleh Beijing. Foto/NZ Herald
JAKARTA - Citra satelit baru yang mengkhawatirkan menunjukkan bahwa China sedang membangun pangkalan militer besar-besaran di pulau-pulau buatan yang kontroversial di Laut China Selatan.

Sebuah laporan oleh perusahaan perangkat lunak geospasial Simularity telah mengungkapkan apa yang tampak sebagai infrastruktur untuk radar, antena, dan apa yang bisa menjadi pangkalan militer potensial di Mischief Reef.

Diklasifikasikan sebagai atol—terumbu karang berbentuk cincin—terletak 250 km dari Filipina, daratan tersebut telah diduduki dan dikendalikan oleh Republik Rakyat China sejak 1995.

Citra satelit tersebut menunjukkan konstruksi di tujuh area antara Mei 2020 hingga Februari 2021.



Satu gambar satelit tertanggal 7 Mei 2020 dengan jelas menunjukkan sebidang ruang kosong, yang sekarang ditempati oleh struktur silinder selebar 16 meter yang diklaim Simularity bisa menjadi "kemungkinan struktur pemasangan antena".

Bidikan lain juga menunjukkan struktur beton dengan kubah bulat—penutup tahan cuaca yang digunakan untuk melindungi antena radar—penutup di dekatnya. Simularity menyatakan; "Ini mungkin merupakan struktur radar tetap".

Situs lain masih dalam tahap konstruksi atau telah dibuka untuk pengembangan lebih lanjut.



Dr Jay Batongbacal, Direktur Institute for Maritime Affairs Law of the Sea di University of the Philippines, mengatakan infrastruktur baru menunjukkan bahwa China sedang menggali.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top