Gedung Putih Ungkap Alasan Biden Belum Telepon Netanyahu

Minggu, 14 Februari 2021 - 20:12 WIB
loading...
Gedung Putih Ungkap Alasan Biden Belum Telepon Netanyahu
Juru bicara Gedung Putih, Jennifer Psaki mengatakan bahwa Biden belum melakukan panggilan telepon kepada Netanyahu bukanlah pembangkangan yang disengaja. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Hampir sebulan Presiden Amerika Serikat (AS) , Joe Biden menjabat dan dia telah melakukan komunikasi dengan banyak pemimpin negara. Namun, satu pemimpin negara yang dianggap "sahabat" dekat AS yang belum ditelepon Biden hingga saat ini, yakni Perdana Menteri Israel , Benjamin Netanyahu.

Biden diketahui telah melakukan panggilan telepon dengan sekutu Washington di seluruh dunia, termasuk ke para pemimpin Meksiko, Inggris, India, Prancis, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan. Bahkan Biden juga sudah melakukan kontak dengan pemimpin Rusia dan China, yang tidak lain adalah dua rival AS.

Namun, hingga saat ini Biden belum melakukan pembicaraan dengan Netanyahu. Dua Presdien AS sebelumnya, yakni Donald Trump dan Barack Obama, menjadikan Netanyahu sebagai salah satu orang pertama yang dihubungi setelah mereka resmi menjabat.

Juru bicara Gedung Putih, Jennifer Psaki mengatakan bahwa Biden belum melakukan panggilan telepon kepada Netanyahu bukanlah "pembangkangan" yang disengaja. Baca juga: Belum Ditelepon Biden, Netanyahu Tidak Peduli

Dia menuturkan, Biden akan melakukan komunikasi dengan pemimpin negara lain, khususnya sekutu AS, termasuk Netanyahu dalam waktu dekat.

"Netanyahu adalah seseorang yang telah dikenal Biden selama beberapa waktu. Itu hanyalah cerminan dari fakta bahwa kita telah berada di sini selama tiga setengah minggu. Dia belum menghubungi setiap pemimpin global dan dia sangat ingin melakukannya di minggu-minggu mendatang," ucapnya, seperti dilansir Sputnik Pada Minggu (14/2/2021).

Sebelumnya, Netanyahu mengaku tidak terganggu bahwa hingga saat ini Biden belum melakukan komunikasi dengan dirinya.

Menurut Duta Besar Israel untuk AS, Gilad Erdan, Netanyahu sadar bahwa banyak hal mendesak yang harus dihadapi oleh Biden, salah satunya adalah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, jelas Erdan, Netanyahu tidak mempermasalahkan kapan Biden akan menelepon dirinya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)