Houthi Serang Bandara Arab Saudi, Pesawat Penumpang Kena Tembakan

Kamis, 11 Februari 2021 - 21:41 WIB
loading...
Houthi Serang Bandara Arab Saudi, Pesawat Penumpang Kena Tembakan
Sebuah pesawat penumpang di Bandara Internasional Abha, Arab Saudi, terkena tembakan saat drone-drone Houthi Yaman menyerang hari Rabu lalu. Foto/Al-Ekhbariya.net
A A A
RIYADH - Kelompok pemberontak Houthi Yaman menyerang Bandara Internasional Abha di Arab Saudi , dengan drone-drone bersenjata. Serangan itu menyebabkan sebuah pesawat penumpang terkena tembakan.

Koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi telah mengonfirmasi serangan yang berlangsung hari Rabu tersebut.



"Sebuah serangan teroris pengecut oleh milisi Houthi di Bandara Internasional Abha... Sebuah pesawat sipil di lapangan bandara terkena tembakan yang berhasil dikendalikan," bunyi siaran televisi pemerintah Arab Saudi; Al-Ekhbariya, mengutip Koalisi Arab.

Kelompok Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Juru bicara militer Houthi, Yehia Sareai, seperti dikutip Al Jazeera, mengatakan pemberontak menggunakan empat drone bermuatan bom untuk menargetkan bandara di Arab Saudi selatan tersebut.

"Penargetan ini sebagai tanggapan atas pemboman udara yang terus berlanjut dan pengepungan brutal di negara kami," kata Sareai, yang mencatat bahwa Houthi menganggap bandara itu sebagai sasaran militer dan bukan sipil.

Juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki al-Maliki, mengatakan pasukan koalisi mencegat dua drone bermuatan bom yang diluncurkan oleh Houthi menuju kerajaan. Dia mengecam serangan itu sebagai upaya sistematis dan disengaja untuk menargetkan warga sipil di wilayah selatan negara tersebut.

Konflik di Yaman dimulai pada 2014 ketika Houthi merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kotanya, Sanaa.

Perang meningkat pada Maret 2015, ketika koalisi pimpinan Arab Saudi turun tangan dalam upaya memulihkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)