UE Tegaskan Tolak Rencana Israel Aneksasi Wilayah Palestina

Minggu, 17 Mei 2020 - 16:23 WIB
loading...
UE Tegaskan Tolak Rencana Israel Aneksasi Wilayah Palestina
Menteri Luar Negeri UE, Josep Borrell mengatakan UE harus menjangkau Israel dan mencegah aneksasi Tepi Barat, Palestina. Foto/Ist
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) harus menjangkau Israel dan mencegah aneksasi Tepi Barat, Palestina . Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri UE, Josep Borrell paska pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri anggota UE.

Borrell mengatakan bahwa UE sedang menantikan untuk bekerja sama dengan pemerintah baru Israel yang seharusnya mulai berkuasa minggu depan. Pada saat yang sama, ia menegaskan kembali dukungan UE untuk solusi dua negara yang dinegosiasikan, berdasarkan perjanjian perbatasan 1967 dan memperingatkan terhadap tindakan sepihak.

"Kita harus bekerja untuk mencegah inisiatif yang mungkin ke arah aneksasi," ucap Borrell dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (17/5/2020). ( Baca juga: Israel Aneksasi Tepi Barat, Raja Yordania: Konflik Besar Akan Pecah )

"UE perlu merefleksikan kapasitasnya sendiri sebagai kekuatan geopolitik dan menjangkau Israel dan semua aktor di kawasan itu dengan menggunakan semua saluran diplomatik untuk mencegah aneksasi," sambungnya.

Aneksasi itu datang sebagai bagian dari apa yang disebut rencana Kesepakatan Abad Ini bentukan Amerika Serikat (AS), yang diumumkan pada 28 Januari. Rencana tersebut menyatakan pembentukan negara Palestina dalam bentuk kepulauan yang dihubungkan oleh jembatan dan terowongan.

Para pejabat Palestina mengatakan bahwa di bawah rencana AS tersebut, Israel akan mencaplok 30 hingga 40 persen dari Tepi Barat, termasuk semua kawasan Yerusalem Timur.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)