Bergerak Melampaui Kesepakatan Paris, India Tingkatkan Ambisi Iklimnya

Kamis, 11 Februari 2021 - 03:03 WIB
loading...
A A A
Energi adalah pusat dari semua strategi iklim. “Kami yakin India telah menjadi pembangkit tenaga energi bersih dan pemimpin dalam transisi energi dari sumber penghasil karbon dioksida ke sumber energi terbarukan dan bahan bakar non-fosil,” papar pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) India.

“Kami berniat untuk terus memanfaatkan potensi energi terbarukan India. Kapasitas energi terbarukan kami adalah yang terbesar keempat di dunia dan perluasan kapasitas yang sedang dilakukan juga salah satu yang terbesar di dunia. Sebagian besar akan datang dari sumber energi terbersih yaitu tenaga surya,” ungkap Kemlu India.

“Kami sudah melihat kemajuan. Kami awalnya berkomitmen untuk membangun energi terbarukan dengan kapasitas 175 GW pada tahun 2022,” papar Kemlu India.

Kemlu India menambahkan, “Kami telah melangkah lebih jauh dan berharap dapat melampaui 220 GW dalam dua tahun ke depan. Kami memiliki target yang lebih ambisius yaitu 450 GW pada 2030.”

“Kami berupaya memastikan bahwa 40% tenaga listrik di India berasal dari sumber bahan bakar non-fosil pada tahun 2030. Dorongan energi bersih ini sejalan dengan upaya paralel untuk mengurangi intensitas emisi ekonomi kita sebesar 33-35% (dari level 2005) pada 2030,” ujar pernyataan Kemlu India.

Skema Ujwalla – upaya nasional untuk menggunakan lampu LED – mengurangi emisi CO2 hingga 38,5 juta ton setiap tahun. Skema Ujjwala, di mana lebih dari 80 juta rumah tangga telah diberikan akses ke gas bersih untuk memasak, adalah salah satu inisiatif energi bersih terbesar di dunia.

Tindakan dan keberlanjutan iklim sedang dibawa ke dalam skema pemerintah di berbagai sektor.

“Misi Kota Cerdas kami bekerja dengan 100 kota untuk membantu mereka menjadi lebih berkelanjutan dan mudah beradaptasi dengan tantangan perubahan iklim,” ujar Kemlu India.

Program Udara Bersih Nasional India bertujuan mengurangi polusi udara (PM2.5 dan PM10) sebesar 20-30% dalam empat tahun ke depan.

Misi Jal Jeevan, yang bertujuan menyediakan air minum yang aman dan memadai melalui sambungan keran rumah tangga individu pada tahun 2024 ke semua rumah tangga di pedesaan India, memiliki fokus keberlanjutan yang kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)