Rezim Kim Jong-un Dilaporkan Hapus Potret Raksasa Pendiri Korut

Sabtu, 16 Mei 2020 - 14:21 WIB
loading...
Rezim Kim Jong-un Dilaporkan Hapus Potret Raksasa Pendiri Korut
Potret dua mantan penguasa Korea Utara, Kim Il-sung dan Kim Jong-il di alun-alun utama Pyongyang. Foto diambil 16 April 2017. Foto/REUTERS/Damir Sagolj/File Photo
A A A
PYONGYANG - Rezim Kim Jong-un dilaporkan telah menghapus potret raksasa dua mantan penguasa Korea Utara (Korut) Kim Il-sung dan Kim Jong-il dari alun-alun utama Pyongyang. Penghapusan potret besar itu diduga menjadi bagian dari renovasi besar-besaran.

Kim Il-sung dan Kim Jong-il adalah kakek dan ayah pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Kim Il-sung merupakan pendiri negara tersebut.

Penghapusan potret raksasa itu dilaporkan hari Jumat oleh NK News, media yang berbasis di Seoul yang secara khusus memantau apa yang terjadi di Korut.

Media itu lebih lanjut melaporkan dek observasi utama untuk para pejabat senior menonton parade militer telah dirobohkan. Lalu lintas di sisi barat alun-alun juga ditutup. Laporan tersebut mengandalkan citra satelit.

Area ulun-alun tempat potret Kim Il-sung dipajang belum berubah sejak 2012 atau setelah kematian Kim Jong-il.

Penghapusan potret pendiri Korea Utara itu memicu spekulasi bahwa sedang ada persiapan untuk memasang potret diktator muda Kim Jong-un. Dia telah mengejutkan dunia dengan muncul di depan publik setelah beberapa minggu tak muncul dan memicu rumor telah meninggal karena sakit keras.

Potret resmi Kim Jong-un sendiri telah diluncurkan pada November 2018, yakni selama pertemuan puncak dengan Presiden Kuba Miguel DĂ­az-Canel di Pyongyang.

Pemimpin Korut juga telah mencopot kepala agen mata-mata negara dan bodyguard yangsudah melindunginya sejak 2010.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan telah mengetahui pencopotan bos intelijen Pyongyang tersebut. Kementerian itu, seperti dikutip The Korea Herald, mengatakan Kim mengganti Jang Kil-song sebagai direktur Reconnaissance General Bureau (RGB) pada Desember 2019 dengan Letnan Jen Rim Kwang-il.

Rim kemudian ditunjuk sebagai anggota Komisi Militer Pusat Partai Buruh, partai berkuasa di negara komunis tersebut. (Baca: AS Kirim Pembom Nuklir ke Dekat Lokasi Penyembuhan Kim Jong-un )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)