Jaga Iran Tetap Terkendali, AS Terus Kirim Pembom ke Teluk Persia

Rabu, 27 Januari 2021 - 23:59 WIB
loading...
Jaga Iran Tetap Terkendali, AS Terus Kirim Pembom ke Teluk Persia
Pesawat pembom B-52 AS. Foto/AF.mil
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) terus mengirim pesawat pembom melalui Teluk Persia untuk menjaga Iran tetap terkendali. Ini dilakukan ketika pemerintahan Presiden Joe Biden yang baru mencari tahu bagaimana ia ingin mendekati Teheran.

Pada hari Selasa, pesawat pembom berat jarak jauh B-52H Stratofortress Angkatan Udara AS yang ditugaskan di Wing Bomb ke-2 terbang dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana ke Timur Tengah. Pesawat terbang melalui Teluk Persia sebelum kembali ke AS dengan menempuh perjalanan pulang pergi 36 jam.

"Tujuannya adalah menunjukkan kemampuan militer AS untuk mengerahkan kekuatan udara di mana pun di dunia guna mencegah potensi agresi dan menunjukkan komitmen AS terhadap keamanan kawasan," kata Komando Pusat AS dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (27/1/2021).



Penerbangan pembom B-52 terbaru ini menandai penerbangan pencegahan keenam melalui Teluk Persia sejak November dan yang pertama sejak Presiden Joe Biden menjabat.

"Kami tahu bahwa kebijakan AS berkembang sehubungan dengan Iran sekarang dan pemerintahan baru akan membuat beberapa keputusan di sini untuk sementara waktu," kata seorang pejabat AS kepada Defense One.

"Saya tahu jika kita dapat terus mencegah agresi Iran itu akan memberi pembuat kebijakan lebih banyak ruang pengambilan keputusan saat mereka menetapkan kebijakan," imbuhnya.

"Kekhawatiran lain termasuk, apakah mereka akan mencoba melakukan sesuatu untuk membalas dendam pada pemerintahan Trump saat mereka meninggalkan kantor?" kata pejabat itu.

"Kami juga berpikir ke depan dan berkata, 'Oke, apakah mereka akan mencoba menguji atau menekan militer AS di hari-hari awal pemerintahan baru?'" sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)