Hasil Studi: Vaksinasi Tak Bikin Orang Kebal dari COVID-19

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:45 WIB
loading...
Hasil Studi: Vaksinasi Tak Bikin Orang Kebal dari COVID-19
Hasil studi di Israel menunjukkan bahwa 70% orang yang divaksinasi masih dapat tertular COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Sebuah studi di Israel menunjukkan bahwa setelah vaksinasi, sebanyak 70% orang masih dapat tertular COVID-19 . Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak data untuk mengkonfirmasi efek penularan di antara yang divaksinasi.

Hasil studi ini muncul saat distribusi vaksin COVID-19 meningkat dengan hampir 70 juta dosis di seluruh dunia.

Israel, yang memimpin dunia dalam vaksinasi COVID-19 per kapita dengan sekitar 43 dosis per 100 orang, mengembangkan penelitian ini untuk memahami bagaimana vaksin Pfizer-BioNTech memengaruhi infeksi virus. Studi sebelumnya menunjukkan vaksin efektif dalam mencegah gejala ringan dan parah terkait COVID-19. Meskipun vaksin COVID-19 dimaksudkan untuk melindungi pasien dari gejala, vaksinasi tidak selalu berarti Anda tidak dapat terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau menularkannya kepada orang lain.



Studi tersebut membandingkan kelompok yang terdiri dari 200.000 penerima vaksin berusia 60 tahun ke atas dengan kelompok 200.000 yang belum divaksinasi pada kelompok usia yang sama. Temuan awal para peneliti menemukan bahwa dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech mengurangi kemungkinan infeksi sebesar 33% dua minggu setelah injeksi pertama.

Rilis data ini merupakan perkembangan positif. Selama berbulan-bulan, dampak vaksin terhadap pandemi sebagian besar bersifat spekulatif. Tidak ada yang tahu bagaimana vaksinasi massal dapat mempengaruhi transmisi atau penularan.

"Data ini adalah yang pertama dari sekian banyak data, dan kami menunggu data dari studi serupa," seperti dikutip dari Forbes, Rabu (27/1/2021).



Sementara data tetap terbatas pada penularan vaksinasi, mungkin kasus itu berkurang di antara sebagian besar kasus. Jika antibodi penetral dari vaksin melakukan tugasnya, viral load pada orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 jauh lebih rendah daripada mereka yang belum divaksinasi. Viral load yang lebih rendah mungkin berarti bahwa mereka lebih kecil kemungkinannya untuk menulari orang lain dengan efisiensi yang sama seperti orang yang tidak divaksinasi. Pasien yang divaksinasi memiliki lebih sedikit virus di dalamnya untuk disebarkan.

"Meskipun kami tidak tahu apakah ini masalahnya, lebih banyak data diperlukan untuk mengetahui apakah mereka yang divaksinasi dan terinfeksi dapat menularkan virus ke orang lain," tulis Forbes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)