Momen Terakhir Donald Trump di Gedung Putih: Sedih dan Pedih....

Senin, 25 Januari 2021 - 14:31 WIB
loading...
Momen Terakhir Donald Trump di Gedung Putih: Sedih dan Pedih....
Mantan presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Masa kepresidenan Donald Trump ditentukan oleh kecakapan memainkan pertunjukan dan keberanian, tetapi momen terakhir Trump di Gedung Putih "sedih" dan "pedih".

Miliarder yang baru saja lengser sebagai presiden Amerika Serikat (AS) menghabiskan hari-hari terakhirnya di Washington DC dengan terputus dari legiun pendukungnya dan dilarang oleh plattform media sosial Twitter dan Facebook. Jadwalnya juga hampir kosong dan menurut Pew Research Center, peringkat persetujuan publiknya terendah dari presiden AS mana pun.



Sementara jutaan orang Amerika menonton untuk menyaksikan penggantinya, Joe Biden, dilantik sebagai Presiden ke-46 AS—memberikan apa yang disebut pembawa berita Amerika sebagai "pidato pelantikan terbaik yang pernah saya dengar"—Trump menyapa kerumunan kecil sekitar 200 orang sebelum naik Air Force One bersama keluarga dan anggota medianya.

“Sungguh pemandangan yang sedih dan pedih," kata Jim Acosta, yang memimpin liputan CNN tentang pria berusia 74 tahun itu selama masa kepresidenannya, kepada jaringan Reliable Sources yang dilansir news.com.au, Senin (25/1/2021).

"Saya tidak pernah melihatnya sendirian selama dia berada di level politik presidensial," ujarnya.

Anita Kumar, Gabby Orr dan Meredith McGraw dari Politico menggambarkan dalam sebuah artikel tentang suasana ketika menjelajahi Gedung Putih yang semakin kosong "seperti hantu" di minggu terakhir kekuasaan Trump. Menurut mereka, Trump "termakan" dengan pikiran tentang "satu-satunya pemilu yang pernah ia kalahkan", kapan harus meninggalkan Washington, apakah akan mengampuni keluarganya dan apa dia akan melakukannya ketika dia tiba di Florida, rumah barunya.

“Hari-hari terakhirnya tenang. Dia bersikeras dia bekerja....Tapi dia tidak benar-benar bekerja. Dia menghilang," lanjut artikel mereka.

“Dia adalah seorang pria, seorang pemimpin, seorang presiden yang hampir tidak dapat dikenali oleh mereka yang telah mengawasinya selama empat tahun terakhir. Hilang. Terkatung-katung. Cemberut."



Pembantu saat ini dan mantan asisten Partai Republik menggambarkan hari-hari terakhir Trump di kantor sebagai hitungan mundur untuk dilupakan—dengan energi dari West Wing yang dulu semrawut mengering saat tanda-tanda yang mengumumkan kedatangan penggantinya muncul di luar jendelanya.

"Pada hari-hari terakhir, pria yang telah memaksakan dirinya sendiri tanpa henti kepada publik—yang tweetstorm dan ocehan sepanjang jam mengganggu tidur kami dan mengganggu hari-hari kami—memudar dari pandangan menjadi api penyucian yang suram dari desainnya sendiri."

Itu menandai perubahan suasana hati yang pasti dari hari-hari di Gedung Putih setelah pemilu, ketika koresponden majalah New York di Washington; Olivia Nuzzi, menggambarkan penolakan Trump untuk mengakui bahwa dia telah kalah dalam pemilu dan staf yang "frustrasi" telah menyerah pada "pertikaian kecil".

"Presiden yang tampak frustrasi dan marah itu terpaku pada televisi, men-tweet dan mengeluh bahwa tidak cukup banyak orang yang membela klaimnya bahwa pemilu telah dicuri darinya," bunyi laporan CNN pada saat itu.

Namun seorang koresponden CBS juga mencatat bahwa suasananya telah menjadi suram, dengan "banyak meja" dikosongkan dan perasaan "seram"—pertanda apa yang akan terjadi di bulan-bulan berikutnya.

“Ketika berbicara tentang perasaan stafnya sendiri dan penasihatnya sendiri serta sekutunya, dia tidak pernah kurang ditakuti daripada saat ini,” kata Nuzzi pada 9 Desember.

Seandainya minggu-minggu terakhir kepresidenan Trump tidak melibatkannya untuk memicu serangan mematikan terhadap US Capitol pada 6 Januari—upaya terakhir oleh para pendukungnya yang paling setia untuk membatalkan hasil pemilu—dan pemakzulan kedua yang bersejarah, segalanya bisa menjadi sangat berbeda.

"Pada dasarnya apa yang kami lihat adalah runtuhnya kepresidenan Trump," kata Acosta.

“Apa yang kami lihat dibangun oleh presiden selama empat atau lima tahun di jalur kampanye dan di Gedung Putih hanya terurai di akhir.”

Mantan juru bicara kampanye Trump dan pejabat Gedung Putih, Hogan Gidley, mengatakan kepada Showtime's The Circust bahwa hari-hari terakhir Trump adalah "mata hitam" untuk kepresidenannya.

"Saya tidak ingin menebak atau mencoba menaruh pikiran di kepalanya atau kata-kata di mulutnya. Yang bisa saya lakukan adalah melihat apa yang dia katakan secara real time,” katanya.

"Aku tidak tahu apakah dia menyesali sesuatu atau tidak," ujarnya.

"Dia mungkin sedih dan sendirian minggu lalu, tapi tidak akan lama-lama bersembunyi," katanya.

“Saat dia masih menjilat lukanya di Mar-a-Lago, dia menjadi ancaman bagi negara ini,” kata Acosta.

“Ini bukan waktunya untuk menyimpan pemeriksa fakta kita di semacam kotak di rak. Mereka akan dibutuhkan untuk memeriksa fakta gerakan ini. Trump mungkin akan pergi, tetapi Trumpisme tidak."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)