Jalan Terjal Biden Dapatkan Kembali Kepercayaan Sekutu AS

Minggu, 24 Januari 2021 - 21:00 WIB
loading...
Jalan Terjal Biden Dapatkan Kembali Kepercayaan Sekutu AS
Presiden AS Joe Biden. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Rencana Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden untuk membatalkan visi Donald Trump tentang "America First" dan mendukung "diplomasi pertama" akan sulit. Ini bergantung pada apakah dia dapat mendapatkan kembali kepercayaan dari sekutu dan meyakinkan mereka bahwa Trumpisme hanyalah sebuah blip dalam sejarah kebijakan luar negeri AS.

Dari Eropa hingga Timur Tengah dan Asia, merek diplomasi transaksional Trump telah mengasingkan teman dan musuh, meninggalkan Biden dengan serangkaian masalah keamanan nasional yang sangat kontroversial.



Sekutu AS tidak buta terhadap konstituensi besar pemilih Amerika yang terus mendukung kecenderungan nasionalis Trump dan keyakinannya bahwa AS harus menghindari konflik dunia. Jika tujuan Biden adalah memulihkan tempat Amerika di dunia, dia tidak hanya perlu mendapatkan kepercayaan dari sekutu asing, tetapi juga meyakinkan pemilih di dalam negeri bahwa diplomasi internasional bekerja lebih baik daripada pembicaraan basa-basi sepihak.

Trump bersikeras bahwa dia tidak menentang multilateralisme, hanya institusi global yang tidak efektif. Dia telah menarik lebih dari setengah lusin perjanjian internasional, ditarik dari beberapa kelompok PBB dan sekutu dan mitra yang membicarakan sampah.


Biden, di sisi lain, mengatakan aliansi global perlu dibangun kembali untuk memerangi perubahan iklim, mengatasi pandemi Covid-19 dan bersiap untuk epidemi di masa depan dan menghadapi ancaman yang semakin besar yang ditimbulkan oleh China. Staf keamanan nasional dan kebijakan luar negeri yang dia sebut sejauh ini adalah kampiun multilateralisme.

Pemilihan sejumlah pejabat yang pernah melayani di masa pemerintahan Barack Obama, menggarisbawahi niatnya untuk kembali ke ruang kebijakan luar negeri yang mereka yakini ditinggalkan oleh Trump.



Biden bermaksud untuk bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris dan bekerja sama lagi dengan Organisasi Kesehatan Dunia. Dia berencana untuk memperlancar hubungan dengan orang Eropa dan teman-teman lainnya dan menahan diri untuk tidak meledakkan sesama anggota NATO, dan dia dapat mengembalikan AS ke perjanjian nuklir Iran.

Namun, banyak orang Amerika akan terus mendukung agenda "America First" Trump, terutama dengan ekonomi AS yang berjuang untuk pulih dari pandemi virus corona, perselisihan sipil di jalan-jalan Amerika karena rasisme, dan tidak adanya wacana politik sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)