20.000 Pasukan Garda Nasional Siap Dikerahkan Saat Pelantikan Biden

loading...
20.000 Pasukan Garda Nasional Siap Dikerahkan Saat Pelantikan Biden
Pasukan Garda Nasional terlihat di sekitar gedung US Capitol yang dipasangi pagar setelah serbuan pendukung Presiden Donald Trump di Washington DC, AS, pada 7 Januari 2020. Foto/Anadolu
WASHINGTON - Lebih dari 20.000 anggota Garda Nasional diharapkan tiba di Washington DC pekan depan untuk mengamankan pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden .

Kepala Kepolisian Washington DC Robert Contee mengatakan hal itu dalam persiapan pelantikan Biden.

Jumlah pasukan itu bisa menjadi yang terbesar yang pernah ada untuk pelantikan apa pun. Kepala kepolisian yang baru dilantik itu mengatakan jumlah petugas penegak hukum yang datang ke distrik itu tidak pernah terlihat pada jumlah sebesar itu.

"Saya khawatir sebelum hari ini dan akan melewati akhir pekan ini, dan seterusnya," ungkap Contee kepada wartawan.



Baca juga: Keluar dari ‘Pengasingan’ Gedung Putih, Trump Lihat Tembok Perbatasan

Dia mengaku khawatir tentang "ancaman keamanan besar" saat dia mengulangi seruan Walikota Muriel Bowser agar orang-orang tidak datang ke ibu kota untuk acara pelantikan presiden pada 20 Januari.

Baca juga: Twitter Larang 70.000 Akun Penyebar Konten Teori Konspirasi QAnon



“Tidak ada kekhawatiran tentang kekurangan pasukan Garda Nasional yang akan datang dari 50 negara bagian AS dan District of Columbia untuk mendukung Kepolisian Capitol AS, Polisi Taman dan Departemen Kepolisian Metropolitan Washington,” ungkap para pejabat AS.

Lihat infografis: Massa Pro-Trump Siapkan Pemberontakan Jelang Pelantikan Biden

Jumlah pasukan keamanan sebesar itu dikerahkan setelah massa pendukung Presiden Donald Trump menyerbu gedung US Capitol pekan lalu untuk menghentikan proses sertifikasi suara Electoral College dalam pemilu yang dimenangkan Joe Biden.

Kerusuhan tersebut menyebabkan tewasnya lima orang. Banyak pihak mengecam penyerbuan itu.
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top