Diam-diam, Pentagon Siapkan Skenario Jika Trump Berlakukan Darurat Militer

Sabtu, 26 Desember 2020 - 04:34 WIB
loading...
Diam-diam, Pentagon Siapkan Skenario Jika Trump Berlakukan Darurat Militer
Pentagon diam-diam dilaporkan menyiapkan skenaria untuk merespon jika Presiden Donald Trump berlakukan darurat militer. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon diam-diam membahas skenario untuk merespon kemungkinan penerapan darurat militer oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump jelang pelantikan Joe Biden pada 20 Januari mendatang. Demikian laporan Newsweek mengutip sumber Departemen Pertahanan yang tidak disebutkan namanya.

(Baca juga : Gubernur Tennessee Minta Trump Umumkan Keadaan Darurat Pasca Serangan Bom )

Sumber itu mengklaim bahwa pejabat Pentagon bersama dengan kepala unit militer yang ditempatkan di dekat Washington DC "dalam keadaan siaga" karena mereka terlibat dalam perencanaan kontingensi rahasia jika angkatan bersenjata dipanggil untuk menjaga atau memulihkan ketertiban sipil selama pelantikan dan masa transisi.

(Baca juga : Mike Tyson Curhat Mendadak Sensitif seperti Gadis Menstruasi Pertama )

Salah satu orang dalam berpendapat bahwa karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, presiden AS saat ini memiliki kekuatan darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang mungkin meyakinkannya — terutama jika dia mendengarkan pendukung tertentu — bahwa dia memiliki kekuatan yang tidak terbatas dan berada di atas hukum.



Orang dalam tersebut menggambarkan darurat militer sebagai paradigma yang salah untuk memikirkan bahaya di masa depan, sesuatu yang diamini oleh sumber lain yang mencatat tindakan yang mungkin diambil Trump bulan depan "pada saat ini" masih direka-reka oleh siapa pun.

(Baca juga : AS-Iran 'Kompak' Hadang Rencana Prancis untuk Lebanon )

"Meskipun saya yakin bahwa pemimpin militer masih bisa bertindak dengan cerdas, kegilaan belum pernah terjadi sebelumnya dan kemungkinan tidak terbatas," sumber itu menegaskan seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (26/12/2020).

Satu lagi orang dalam menyebut Trump sebagai orang yang terpesona dengan pengungkit rahasia kepresidenan yang tersedia baginya, memilih apa yang disebut Dokumen Tindakan Darurat Presiden (PEAD).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)