Presiden Turki Erdogan Mengucapkan Selamat Natal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 06:29 WIB
loading...
Presiden Turki Erdogan Mengucapkan Selamat Natal
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengucapkan selamat Natal untuk umat Kristen di Turki dan di seluruh dunia. Foto/Anadolu
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Kamis merilis ucapan selamat Natal kepada umat Kristen di negara itu dan di seluruh dunia. Dalam pesannya, presiden menekankan toleransi dan keragaman.

"Hari ini dan di masa depan, kita akan melihat perbedaan kita sebagai kekayaan dan membangun masa depan kita untuk lebih sejahtera dengan saling menghormati," kata Erdogan dalam pernyataan yang dirilis Direktorat Komunikasi Turki. (Baca: Misa Natal Paus Fransiskus: Yesus Terlahir sebagai Orang Buangan Miskin )

Mengucapkan Selamat Natal kepada semua orang yang merayakan liburan di Turki dan di seluruh dunia, Erdogan menekankan bahwa Turki telah menjadi tempat perlindungan damai bagi berbagai budaya dan tradisi selama berabad-abad.

"Saya dengan sepenuh hati mengucapkan selamat kepada warga Kristen kami pada kesempatan Natal. Negara tempat kita tinggal, selama ribuan tahun, telah menjadi tanah yang damai, tenang, dan orang-orang yang dapat dipercaya, dan rumah bagi peradaban kuno, berdasarkan cinta dan rasa hormat terlepas dari agama, bahasa, ras, atau sekte," kata Erdogan .

"Kami, sebagai anggota dari peradaban kuno yang unik ini, menganggap budaya yang berbeda di wilayah kami sebagai kekayaan yang tak tertandingi dan potongan langka dari mosaik peradaban kami. Sama seperti kita hidup bersama dan bersatu, dan mengembangkan tanah kita di negara bagian yang kita dirikan sepanjang sejarah, kita akan—hari ini dan di masa depan—melihat perbedaan kita sebagai kekayaan dan ketekunan dalam membangun masa depan kita dengan cara yang lebih makmur dan atas dasar saling menghormati," lanjut Presiden Turki tersebut. (Baca juga: Paku yang Diduga Digunakan untuk Menyalib Yesus Ditemukan di Biara Ceko )

“Saya berharap Natal yang dirayakan oleh warga Kristen kita dari berbagai sekte, tradisi dan gereja Kristen yang sejalan dengan kepercayaan mereka, dapat mengarah pada penguatan iklim solidaritas di Turki. Dengan perasaan dan pemikiran ini, saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada semua warga Kristen kita dan seluruh dunia Kristen pada hari Natal dan berharap mereka damai, bahagia dan sejahtera," imbuh Erdogan, seperti dikutip Daily Sabah, Jumat (25/12/2020).

Malam Natal menjadi salah satu perayaan terpenting dalam budaya Kristen, yang dirayakan oleh sebagian besar orang Kristen non-Ortodoks pada 24 Desember setiap tahun.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)