Trump Obral Grasi, dari 'Penjahat Perang' Blackwater Hingga 'Penjahat' Kongres

Rabu, 23 Desember 2020 - 19:13 WIB
loading...
Trump Obral Grasi, dari Penjahat Perang Blackwater Hingga Penjahat Kongres
Presiden AS Donald Trump memberikan grasi kepada 15 orang. Foto/CBS46
A A A
WASHINGTON - Dua orang yang terperangkap dalam penyelidikan 'Rusiagate', tiga mantan anggota Kongres, dan empat tentara bayaran Blackwater yang dihukum karena membunuh warga sipil Irak telah menerima pengampunan (grasi) atauganti rugidari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump .

Trump mengumumkan dia akan mengampuni 15 orang dan meringankan hukuman lima orang lagi pada Selasa malam waktu setempat, menjelang liburan Natal - waktu tradisional untuk grasi presiden di AS.

Di antara mereka yang mendapatkan pengampunan penuh adalah ajudan kampanye Trump George Papadopoulos dan pengacara Belanda Alex Van Der Zwaan. Keduanya dipenjara karena diduga berbohong kepada FBI oleh jaksa Penasihat Khusus Robert Mueller dalam penyelidikan dugaan hubungan Trump dengan Rusia, yang tidak menemukan bukti.



Mantan anggota parlemen Partai Republik Chris Collins dan Duncan Hunter, yang masing-masing mengaku bersalah atas perdagangan orang dalam dan penyalahgunaan dana kampanye, diberi pengampunan penuh. Seorang lainnya, mantan anggota Kongres Texas Steve Stockman, mendapat hukuman karena penyalahgunaan dana amal hukumannya diubah ke waktu bertugas, tetapi masih harus membayar ganti rugi.

Di antara mereka yang diampuni adalah empat mantan kontraktor keamanan Blackwater, sebuah perusahaan militer swasta, yang dihukum karena membunuh warga sipil Irak dalam Pembantaian Nisour Square 2007 di Baghdad.

Nicholas Slatten, Paul Slough, Evan Liberty dan Dustin Heard diampuni atas desakan sembilan anggota Kongres dan seorang mantan perwira Lintas Udara yang menjadi pembawa acara Fox News seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (23/12/2020). (Baca juga: Berbeda dengan Pompeo, Trump Tuding China Dalang Serangan Siber AS )

Sekedar informasi, mantan CEO Blackwater Erik Prince adalah saudara dari Menteri Pendidikan Betsy DeVos. Dia menjual sahamnya di perusahaan pada 2010 menyusul kontroversi tersebut.

Bulan lalu, Trump memaafkan Jenderal Michael Flynn, penasihat keamanan nasional pertamanya yang didesak untuk mengundurkan diri oleh laporan palsu tentang kontak yang tidak pantas dengan Rusia. Ia kemudian dituntut oleh Mueller karena diduga berbohong kepada FBI dan diseret ke pengadilan bahkan setelah Departemen Kehakiman memutuskan untuk membatalkan dakwaannya.

Ada seruan yang berkembang agar Trump mengampuni pendiri WikiLeaks Julian Assange, yang saat ini menunggu ekstradisi di London, serta whistleblower NSA Edward Snowden. Namun kedua nama itu tidak disebutkan dalam pengumuman grasi tersebut.(Baca juga: Jelang Lengser, Trump dan Raja Salman Bahas Krisis Qatar vs 4 Negara Arab )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)