Hidup Mewah Putin: Kekayaan Rp3.066 T, Istana hingga Armada Kapal Pesiar

Jum'at, 18 Desember 2020 - 01:10 WIB
loading...
Hidup Mewah Putin: Kekayaan Rp3.066 T, Istana hingga Armada Kapal Pesiar
Bangunan mewah di Rusia yang dilaporkan media setempat sebagai istana rahasia Presiden Vladimir Putin. Foto/East2West
A A A
MOSKOW - Surat kabar Rusia , Sobesednik, melaporkan Presiden Vladimir Putin hidup mewah seperti raja. Pemimpin Kremlin ini dilaporkan memiliki kekayaan senilai ÂŁ160 miliar (lebih dari Rp3.066 triliun) yang mencakup istana yang ukurannya dua kali Istana Buckingham hingga armada kapal pesiar.

(Baca juga : Kegiatan Baca Al-Qur'an Diguncang Bom, 15 Anak Meninggal )

Laporan itu menyebutkan bahwa Vladimir Putin diyakini telah meningkatkan kerajaan propertinya senilai ÂŁ1 miliar dengan istana baru senilai ÂŁ200 juta. Istana itu dibangun di "desa miliarder" yang sangat aman di pinggiran Moskow dan dikelilingi dalam kerahasiaan total. (Baca: Terancam oleh Militer Indonesia, Benny Wenda 'Merengek' ke PBB )

Para pengkritiknya juga mengklaim bahwa dia telah mengumpulkan kekayaan pribadi yang sangat besar dan memiliki armada kapal pesiar, mobil, dan istana rahasia.

Putin selalu mengklaim menikmati gaji negara yang relatif sederhana sekitar ÂŁ100.000.

Namun, para ahli mengatakan dia benar-benar 60 kali lebih kaya dari Presiden AS Donald Trump.

Kritikus politik Boris Nemtsov menyusun dokumen yang menuduh Putin bahkan memiliki empat kapal pesiar yang diam-diam berlabuh di sekitar Rusia.

Dia juga mengklaim Putin memiliki 43 pesawat, 7.000 mobil dan 15 helikopter—termasuk jet Ilyushin dengan toilet emas senilai £50.000. (Baca: Misteri Sosok 'D', Bos Baru Mossad Pilihan PM Israel Netanyahu )

Nemtsov menambahkan pemimpin Rusia itu bahkan memiliki koleksi berbagai jam tangan senilai sekitar ÂŁ500.000, termasuk yang seharga ÂŁ300.000.

Menurut surat kabar tersebut, sosok Svetlana Krivonogikh yang disebut sebagai "pacar rahasia" Putin juga memiliki simpanan besar di bank.

(Baca juga : Antara Ronaldo, Messi dan Lewandowski, Ini Pilihan Shin Tae-yong dalam Voting Pemain Terbaik FIFA 2020 )

Svetlana Krivonogikh adalah seorang pembersih yang berubah menjadi jutawan yang memiliki tempat hiburan malam yang populer.

Laporan lain menyebutkan mantan peraih medali emas Olimpiade Alina Kabaeva, juga disebut-sebut menjalin hubungan asmara dengan Putin , dilaporkan mengantongi gaji sebesar ÂŁ7,78 juta.

"Rumah terbaru" Putin berukuran 123.785 kaki persegi (37,7 km)—hampir dua kali lipat ukuran Istana Buckingham. Istana "gaya klasik" itu dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Property-V selama pembangunannya, di mana surat kabar Rusia menyatakan "V" adalah inisial untuk Vladimir. (Baca juga: Kapal Induk Shandong China Rampung Uji Laut tapi Tak Dinyatakan Siap Tempur )

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa perkebunan yang luas pasti milik individu penting dengan koneksi Kremlin tertinggi.

Kediaman mewah ini terdaftar sebagai milik Federasi Rusia , yang menurut laporan tersebut adalah "penutup" yang digunakan oleh "pemilik istana dan penthouse yang terkait dengan kepemimpinan negara".

Laporan tersebut menunjukkan bahwa properti itu adalah milik Putin atau milik seseorang yang sangat dekat dengannya.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari juru bicara Putin atas klaim Sobesednik, yang terbaru dari serangkaian "bocoran" tentang kekayaan, kesehatan, dan kehidupan pribadinya dalam beberapa pekan terakhir.

(Baca juga : Eks Menlu Polandia Samakan Javad Zarif dengan Menlu Nazi )

Laporan itu telah menimbulkan dugaan bahwa pemimpin Rusia berada di bawah "serangan informasi" yang belum pernah terjadi sebelumnya dari musuh.

"Istana yang baru saja selesai dibangun berada di desa Greenfield, yang menawarkan standar baru kehidupan pedesaan dengan gaya kehidupan pinggiran kota elite yang sempurna dan kemandirian alam yang tenang," urai surat kabar tersebut yang dilansir news.com.au, Jumat (18/12/2020).

Istana itu terdiri dari tempat tinggal megah, yang mengingatkan pada kastil pedesaan, dan merupakan rumah bagi sejumlah miliarder.

Desa ini menawarkan taman dan jalan raya yang indah selebar 24 meter, air mancur, patung, hamparan bunga dan dikelilingi oleh hutan yang luas.

Sebelum pembangunan istana selesai, desa tersebut dikatakan sebagai "rumah termahal di Rusia", milik miliuner Yordania.

Surat kabar itu menaksir istana baru tersebut mungkin bernilai sekitar ÂŁ202 juta.

(Baca juga : Wusss....! Di Harbolnas 12.12 Pengiriman SiCepat Tembus 5 Juta Paket )

Andrey Ertman, perwakilan dari perusahaan yang sedang membangun istana, menolak menyebutkan pemiliknya "bersembunyi dengan nama samaran 'Federasi Rusia'.

“Ini adalah informasi rahasia. Pembeli aset semacam itu tidak selalu mengejar publisitas. Ini hak mereka," katanya.

Perusahaan yang terkait dengan istana baru dan pembiayaannya terkait erat dengan elite Rusia dan properti menakjubkan lainnya.

Beberapa properti telah dikaitkan dengan Putin dalam beberapa tahun terakhir—dengan beberapa mengatakan dia sekarang memiliki rumah senilai lebih dari £1 miliar.

Salah satunya adalah bangunan raksasa Laut Hitam senilai ÂŁ800 juta yang disebut Istana Gelendzhik lengkap dengan landasan pendaratan helikopter dan kebun anggurnya.

Awalnya dirancang sebagai rumah liburan sederhana dengan kolam renang, sekarang memiliki fasad kolom yang megah mengingatkan pada istana negara tsar Rusia yang dibangun pada abad ke-18.

Gerbang besi tempa besar ke halaman diatapi dengan elang kekaisaran emas.

Di luar terdapat taman formal, teater pribadi, landasan pendaratan dengan teluk untuk tiga helikopter, dan akomodasi untuk penjaga keamanan.

Pada 2017, Putin juga telah membeli sendiri rumah liburan mewah dengan ubin berlapis emas di kolam renang hanya beberapa mil dari perbatasan Rusia dengan negara Barat.

Villa Sellgren dibangun di sebuah pulau di Teluk Vyborg, sekitar 19 km dari perbatasan Rusia dengan Finlandia.

Secara resmi, itu milik teman dekat Kremlin, tetapi penduduk setempat mengatakan itu adalah rumah prestise terbaru dalam portofolio properti menakjubkan yang dikabarkan milik Putin.

Dia juga dikatakan memiliki dacha dekat dengan St Petersburg, dan retret Pegunungan Altai secara resmi menjadi milik Gazprom serta apartemen di Moskow.

Kediaman resmi lainnya terletak di Wilayah Novgorod, dan menggunakan tiga nama berbeda: Valdai, Uzhyn, dan Dolgie Borody.

Kediaman ini awalnya direncanakan sebagai salah satu dacha Stalin, tetapi menurutnya itu terlalu berbahaya.

Pada tahun 1930-an, kediaman tersebut adalah satu-satunya bangunan di semenanjung kecil dan dikelilingi oleh hutan lebat, dengan hanya satu jalan keluar menuju daratan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)