Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi Serahkan Surat Kepercayaan ke Kaisar Naruhito

Kamis, 17 Desember 2020 - 17:43 WIB
loading...
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi Serahkan Surat Kepercayaan ke Kaisar Naruhito
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi (berpeci) saat persiapan untuk menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Kaisar Jepang, Naruhito, di Istana Kekaisaran Tokyo, Kamis (17/12/20). Foto/KBRI Tokyo
A A A
TOKYO - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBPP RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyerahkan Surat Kepercayaan (Letters of Credentials) kepada Kaisar Jepang, Naruhito, di Istana Kekaisaran Tokyo, Kamis (17/12/20).

Sebelum menuju Istana Kaisar, Dubes Heri Akhmadi beserta rombongan dari Wisma Duta KBRI Tokyo berangkat menuju VIP Lounge Stasiun Tokyo untuk melakukan latihan prosesi penyerahan Surat Kepercayaan kepada Kaisar Naruhito. Setelah itu, diplomat tersebut beserta rombongan menuju South Porch Imperial Palace, dan disambut oleh Vice Grand Master of Ceremonies, Iwami.

Dubes Heri Akhmadi kemudian kembali melakukan latihan seremonial di Matsu Ceremonial Hall, sekaligus perkenalan dengan pejabat Jepang yang menghadiri acara di Istana Kekaisaran. (Baca: Jepang Perpanjang Misi Pertahanan Timur Tengah selama Setahun )

Saat penyerahan Surat Kepercayaan tersebut, Dubes Heri Akhmadi didampingi Wakil Duta Besar Tri Purnajaya, Atase Pertahanan Edwardus Wisoko, Koordinator Fungsi Politik Andi Ardiansyah, Koordinator Fungsi Ekonomi Rima Cempaka, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya Meinarti Fauzie dan Koordintor Fungsi Protokol dan Konsuler Ali Sucipto.
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi Serahkan Surat Kepercayaan ke Kaisar Naruhito

Sementara itu, Kaisar Naruhito didampingi Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Kajiyama Hiroshi dan Kepala Rumah Tangga Istana Kekaisaran Yasuhiko Nishimura.

Usai acara, Dubes Heri Akhmadi mengucapkan syukur telah melakukan penyerahan Surat Kepercayaan kepada Kaisar Naruhito. Dalam kesempatan itu, Heri Akhmadi sempat berbincang dengan Kaisar Naruhito seputar hubungan kerjasama Indonesia- Jepang .

"Alhamdulillah, hari ini saya sudah menyerahkan Surat Kepercayaan atau Letter of Credentials kepada Kaisar Jepang, Sri Baginda Kaisar Naruhito. Tadi juga sempat berbincang dengan beliau. Indonesia dan Jepang akan semakin mempererat persahabatan yang sudah terjalin sejak 1958", ujar Heri Akhmadi. (Baca juga: Jepang Beli 10.500 Freezer untuk Vaksin Virus Corona )

Dalam bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi memastikan ada empat prioritas yang tengah dilakukan terkait kerjasama bilateral Indonesia Jepang.

"Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dan penguatan kerja sama penanggulangan Covid-19. Lalu peningkatan kerja sama bilateral guna pengembangan kemitraan di Forum Regional dan Multilateral. Dan terakhir adalah Perlindungan Warga Negara Indonesia di Jepang,” kata Heri Akhmadi.
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi Serahkan Surat Kepercayaan ke Kaisar Naruhito

Lebih lanjut Dubes Heri Akhmadi berharap dukungan dari semua pemangku kepentingan kerja sama Indonesia-Jepang, khususnya masyarakat Indonesia di Jepang .

Setelah prosesi penyerahan Surat Kepercayaan di Istana Kekaisaran, Dubes Heri Akhmadi bersama rombongan kembali ke Wisma Duta KBRI Tokyo untuk melakukan ramah tamah dengan segenap jajaran staf KBRI Tokyo.

Heri lahir di Ponorogo 1 Januari 1953. Penah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tiga periode mewakili PDI Perjuangan dari Jawa Timur. Dia menjadi anggota DPR pada 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)