Keluarga Swalwell 'Unfriend' Mata-mata China yang Dituduh Tiduri Pejabat AS

Sabtu, 12 Desember 2020 - 14:19 WIB
Keluarga Swalwell Unfriend Mata-mata China yang Dituduh Tiduri Pejabat AS
ang Fang alias Christine Fang, perempuan yang dituduh sebagai mata-mata China, saat bersama anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Eric Swalwell dan Judy Chu. Foto/Facebook/New York Post
A A A
WASHINGTON - Keluarga Eric Swalwell, anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, memutus kontak pertemanan (unfriend) di Facebook dengan mata-mata China; Christine Fang . Mata-mata itu telah dituduh meniduri para pejabat Amerika dalam upaya menyusup ke sistem politik AS.

Menurut laporan New York Post, Jumat (11/12/2020), ayah Swalwell dan saudara lelaki Swalwell; Joshua, awalnya tetap berteman di Facebook dengan Christine Fang alias Fang Fang hingga Rabu pagi, bahkan setelah Swalwell mengatakan dia memutuskan semua hubungan dengan mata-mata itu setelah diberi pengarahan oleh FBI.

Namun, tak lama kemudian pada hari yang sama, akun para kerabat politisi itu tidak muncul lagi di daftar teman-teman Fang. (Baca: Mata-mata China Ini Dituduh Tiduri Para Pejabat AS demi Peroleh Informasi )

Fang meninggalkan AS pada 2015 di tengah penyelidikan FBI atas aktivitasnya. Namun pada 2016, dia me-like video yang di-posting oleh Joshua di halaman Facebook-nya.



Menyamar sebagai mahasiswi, Fang tiba di AS pada 2011 dan pertama kali bertemu Swalwell ketika politisi itu menjadi anggota dewan di Dublin, California.

Swalwell adalah politisi terkenal yang terlibat kontak dengan Fang, sosok perempuan muda yang dituduh meniduri dua wali kota di wilayah AS bagian barat dan tengah atau midwestern dalam upayanya untuk menyesuaikan diri dengan pejabat terpilih dan mengumpulkan informasi tentang sistem politik Amerika.

Swalwell yang kini duduk di Komite Intelijen DPR atau Kongres AS, menolak untuk membahas apakah dia telah berhubungan seks dengan Fang.

"Reputasi. Swalwell, dulu sekali, memberikan informasi tentang orang ini—yang dia temui lebih dari delapan tahun yang lalu, dan yang tidak dia temui selama hampir enam tahun—kepada FBI," kata kantor Swalwell kepada Axios, media yang pertama kali melaporkan sepak terjang Fang.

"Untuk melindungi informasi yang mungkin dirahasiakan, dia tidak akan berpartisipasi dalam cerita Anda," lanjut kantor Swalwell."
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2127 seconds (11.97#12.26)