AS Bersiap Sanksi Turki Atas Pembelian S-400 Rusia

Jum'at, 11 Desember 2020 - 04:11 WIB
loading...
AS Bersiap Sanksi Turki Atas Pembelian S-400 Rusia
AS bersiap menjatuhkan sanksi kepada Turki atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. Foto/Forbes
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) siap untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki atas akuisisi sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Langkah ini kemungkinan akan memperburuk hubungan kedua negara sekutu NATO yang sudah bermasalah.

"Langkah yang telah lama diantisipasi, yang kemungkinan akan membuat marah Ankara dan memperumit hubungan dengan pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden yang akan datang, dapat diumumkan kapan saja," kata sumber-sumber di pemerintahan AS, termasuk dua pejabat, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/12/2020).

Menurut sumber-sumber tersebut sanksi itu akan menargetkan Kepresidenan Industri Pertahanan Turki dan kepalanya, Ismail Demir. Beberapa sumber mengatakan mereka meramalkan sanksi itu akan diumumkan pada hari Jumat waktu AS, tetapi satu sumber mengatakan pengumuman itu bisa datang kapan saja dan mungkin saja pada hari Kamis.



Lira Turki melemah setelah berita tersebut. Sanksi AS dapat membahayakan ekonomi Turki yang sudah berjuang dengan perlambatan yang disebabkan oleh virus Corona, inflasi dua digit, dan cadangan devisa yang sangat terkuras.

Seorang pejabat senior Turki mengatakan sanksi akan menjadi bumerang dan merusak hubungan antara kedua anggota NATO.

"Sanksi tidak akan mencapai hasil tetapi menjadi kontraproduktif. Sanksi itu akan merusak hubungan," kata pejabat itu.(Baca juga: Turki Beli S-400 Rusia, Kongres AS Serukan Penjatuhan Sanksi )

"Turki mendukung penyelesaian masalah ini dengan diplomasi dan negosiasi. Kami tidak akan menerima pemaksaan sepihak," imbuhnya.

Yang pasti, Departemen Luar Negeri AS dapat mengubah rencananya dan memperluas atau mempersempit cakupan sanksi yang direncanakan terhadap Turki, sekutu NATO selama beberapa dekade.

Namun, sumber di AS mengatakan pengumuman sanksi dalam bentuknya saat ini sudah dekat dan memperkirakan Amerika Serikat - setelah lama menunggu Turki untuk mengubah arah dalam menghadapi peringatan AS tentang persyaratan sanksi di bawah undang-undang - tidak sabar dan akhirnya siap beraksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)