Setahun Setelah Pandemi Covid-19 Muncul di China, Inggris Mulai Vaksinasi

Selasa, 08 Desember 2020 - 15:55 WIB
loading...
Setahun Setelah Pandemi Covid-19 Muncul di China, Inggris Mulai Vaksinasi
Inggris mulai melakukan vaksinasi Covid-19. Foto/USA Today
A A A
LONDON - Inggris menjadi negara Barat pertama yang mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap penduduknya, Selasa (8/12/2020). Vaksinasi ini dilakukan setahun setelah kemunculan penyakit pernapasan baru yang misterius itu di Wuhan, China.

Sekitar 50 rumah sakit di National Health Service (NHS) yang dikelola pemerintah Inggris mulai memberikan inokulasi kepada orang-orang berusia di atas 80 tahun yang dirawat di rumah sakit atau memiliki janji rawat jalan yang dijadwalkan, bersama dengan pekerja panti jompo.

Sedangkan bagi kelompok yang lain harus menunggu giliran.



Penerima pertama imunisasi itu adalah nenek Margaret Keenan, yang berusia 91 tahun minggu depan. Dia menerima suntikan di Rumah Sakit Universitas Coventry pada pukul 06:31 pagi waktu setempat.

"Ini adalah hadiah ulang tahun awal terbaik yang bisa saya harapkan karena itu berarti saya akhirnya dapat berharap untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman saya di Tahun Baru setelah saya sendiri hampir sepanjang tahun," kata Keenan seperti dikutip dari USA Today.

Dia mengatakan merasa sangat istimewa menjadi orang pertama yang divaksinasi Covid-19.(Baca juga: WHO: Penemuan Vaksin Seharusnya Tidak Membuat Kewaspadaan Menurun )

Dosis pertama dari suntikanvaksin Covid-19 produksi Pzifer/BionTech itumencapai Inggris pada Kamis malam setelah melakukan perjalanan melalui Eurotunnel yang menghubungkan Inggris ke benua Eropa dari Belgia, tempat vaksin diproduksi. Sedangkan pengiriman pertama vaksin ke kelompok rumah sakit terpilih di Inggris dilakukan pada hari Minggu.

Inggris telah memesan 40 juta dosis vaksin, atau cukup untuk 20 juta orang - sekitar sepertiga dari populasi - karena diperlukan dua dosis, dengan jarak penyuntikan tiga hingga empat minggu. Karena permintaan global yang intens, Inggris telah diberi 800.000 dosis untuk memulainya.

Vaksinasi ini datang dengan komplikasi logistik yang terkait dengan cara penyimpanan vaksin: suhu sangat dingin, pada suhu minus 70 derajat Celcius. Sebagian besar rumah sakit memiliki fasilitas untuk menyimpan vaksin pada suhu itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)