AS Tidak Tutup Kemungkinan Masukan Houthi Dalam Daftar Kelompok Teroris

Selasa, 24 November 2020 - 15:52 WIB
loading...
AS Tidak Tutup Kemungkinan Masukan Houthi Dalam Daftar Kelompok Teroris
OBrien mengatakan AS mengamati situasi di Yaman dan terus mempertimbangkan apakah, dan siapa, dan bagaimana pihaknya menunjuk sebuah kelompok sebagai organisasi teroris. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Amerika Serikat (AS) menyatakan, mereka tidak menutup kemungkinan untuk memasukan Houthi Yaman ke dalam daftar kelompok teroris. Washington mengatakan, hal ini bisa dilakukan jika Houthi masih menolak terlibat dalam pembicaraan damai Yaman dan juga masih memiliki hubungan dengan Iran.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O'Brien menuturkan, situasi di Yaman sangat sulit. Dia mengatakan, perang saudara di sana telah memakan korban jiwa yang sangat besar pada orang-orang Yaman dan tetangga mereka, dan banyak di antaranya disebabkan oleh impor senjata Iran dan penasihat serta Garda Revolusi Iran (IRGC) ke Yaman.

"Itu hanyalah satu lagi perang proksi Iran di kawasan ini, seperti perang proksi yang didukung oleh IRGC di Irak dan Lebanon dan Suriah," kata O'Brien saat melakukan telewicara dengan jurnalis Asia Pasifik. ( )

"Jadi, itu adalah sesuatu yang ada di bawah, yang menurut saya sedang kita lihat. Saat ini, kami mendorong Houthi untuk mengusir Iran, berhenti menyerang tetangga dan berhenti menyerang orang-orang di Yaman, dan terlibat dalam proses perdamaian dengan itikad baik dengan pemangku kepentingan lainnya di Yaman," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)